Harumkan Nama ITN Malang, Mahasiswa Arsitektur Sabet Juara II MTQ Tingkat Mahasiswa Regional Jatim V

itnmalangnews.id – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang  mendelegasikan Muhammad Alawiy Alqwas, mahasiswa Arsitektur untuk mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Regional Jawa Timur V (MTQ-MR Jatim V), kategori kaligrafi. Lomba tersebut diadakan oleh Kemenristek Dikti dan diselenggarakan di Universitas Negeri Jember (UNEJ).

Harumkan-Nama-ITN-Malang,-Mahasiswa-Arsitek-Sabet-Juara-II-MTQ-Tingkat-Mahasiswa-Regional-Jatim-V

“Saya bersyukur bisa ikut lomba ini dan bisa meraih juara II. Beberapa kali saya pernah ikut lomba kaligrafi, tapi baru kali ini di tingkat regional,” tutur mahasiswa asli Lumajang ini.

Lomba dengan tema “Melalui MTQ Mahasiswa Regional Jatim V, Membumikan Al Qur’an, Menggapai Islam Rahmatallilalamin” ini dilaksanakan pada tanggal 11-13 Agustus 2018. Tujuan dari kegiatan ini antara lain, meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, khususnya di kalangan mahasiswa se-Regional Jatim, meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an, meningkatkan Syiar dan Ukhuwwah Islamiyah antar perguruan tinggi se-Regional Jatim, dan melestarikan seni dan budaya Qur’ani bangsa Indonesia.

“Saya harus bersaing dengan 47 peserta mahasiswa se-Jawa Timur. Semua peserta harus menguasai 5 jenis tulisan kaligrafi, eperti nashi, rik’ah, diwani, diwani Jali, dan tsuluts. Di babak penyisihan peserta diminta untuk menuliskan surat Al-Hasr ayat 10, sementara di babak final menuliskan surat Al-Alaq ayat 1-5,” tukas Alawiy.

Anak kedua dari tiga bersaudara ini memulai proses kreatifnya sejak belajar di bangku Madrasah Ibtida’iyah (MI) dan beberapa kali menjuarai lomba tingkat lokal. Saat masuk ITN Malang, Alawiy aktif di organisasi kerohanian, Lembaga Dakwah Islamiyah (LDI). Di sana ia menggeluti kajian-kajian keislaman sembari menajamkan bakat kaligrafinya.

Baca juga: Lomba Musabaqah Khat Al-Qur’an, Bukti Perhatian ITN Malang pada Pelestarian Seni Kaligrafi

“Mentor saya adalah seorang ustadz di Lumajang, namanya Ustadz Samsul. Soal kaligrafi beliau sudah sangat mahir dan pernah menjuarai kaligrafi tingkat regional. Beliau juga sering menjadi juri lomba kaligrafi,” tambah mahasiswa alumni pesantren Gontor ini.

Gallery terkait: Lomba Seni Kaligrafi, Muhammad Alawiy Alqaws Raih Juara II MTQ-MR Jatim

Alawiy harus bersaing dengan 6 peserta di babak penyisihan, dan akhirnya masuk final dengan memperoleh juara II. Adapun Juara I diraih oleh mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) dan juara III diraih oleh mahasiswa Universitas Brawijaya. Alawiy berharap bisa memaksimalkan kreativitasnya di ajang lomba-lomba berikutnya, baik tingkat regional maupun nasional. (mus)

(Visited 144 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *