Hadirkan Stakeholder, Teknik Lingkungan ITN Malang Selenggarakan Workshop Penyusunan Kurikulum 2019-2024

itnmalangnews.id  Penyusunan kurikulum baru merupakan salah satu upaya perguruan tinggi di dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Hal ini telah diamanatkan dalam Undang-Undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan SK Menristekditi N0.44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi. Berdasarkan peraturan tersebut, Prodi Teknik Lingkungan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang meyelenggarakan workshop “Penyusunan Kurikulum Program Studi Teknik Lingkungan ITN Malang 2019-2024″ dengan mengundang beberapa elemen stakeholder, Senin (9/18).

Hadirkan-Stakeholder-Teknik-Lingkungan-ITN-Malang-Selenggarakan-Workshop-Penyusunan-Kurikulum 2019-2024

“Kami sengaja mengundang berbagai stakeholder, baik dari instansi pemerintah, instansi swasta, alumni serta praktisi yang concern di bidang lingkungan untuk dimintai saran, kritik, dan masukannya terkait perbaikan kurikulum ke depan,” papar Sudiro, ST.MT., panitia penyelenggara workshop sekaligus dosen Teknik Lingkungan.

Senada dengan Sudiro, Anis Artiyani, ST.MT., Kepala Program Studi Teknik Lingkungan menambahkan, perbaikan kurikulum merupakan suatu keniscayaan bagi masing-masing prodi. Teknik Lingkungan yang notabene banyak teori, secara aplikatif butuh diimbangi dengan praktik lapangan. Dengan demikian, teori dan praktik jadi berimbang di dalam penyusunan kurikulum. Hal tersebut diakui memang membutuhkan banyak masukan dari berbagai stakeholder.

Pengembangan kurikulum yang dilakukan secara rutin setiap lima tahun sekali ini mendapat apresiasi dari semua pihak, baik dari pandangan pengguna, praktisi maupun alumni. Secara umum mereka memberikan masukan antara lain, rasa percaya diri harus ditanamkan kepada mahasiswa sejak dini karena faktanya banyak mahasiswa yang kesulitan beradaptasi saat terjun ke dunia praktik.

“Kami disarankan untuk menambah praktik lapangan yang sifatnya aplikatif, semisal melakukan study excursie maupun kunjungan ke instansi-intansi dan perusahaan yang fokus di bidang lingkungan,” imbuh Anis.

baca juga: Kerjasama dengan KJRI New York, Alumni Teknik Lingkungan ITN Malang Bantu Korban Gempa Lombok

Di samping menyusun kurikulum, pihak prodi Teknik Lingkungan bisa dikatakan berhasil menjaring keberadaan para alumninya. Sebagian dari mereka yang hadir di antaranya ada yang menjadi dosen, wiraswasta, PNS, konsultan, guru, karyawan pertambangangan dan lain sebagainya.

Adapun stakeholder yang turut hadir pada acara tersebut antara lain, Tri Santoso, Ssi.M.AP.M.IDS., dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Gagah Guntur Ariwibowo, ST.MT., General Manager PT. Indra Karya (persero), M. Fauzan Indrawan, ST.MT.IPM., Kepala Bidang Litbang Teknik PDAM Kota Malang, Ir. Gunawan Wibisono, Dipl.SE., Ph.D., Praktisi Teknologi Lingkungan dan alumni dari berbagai angkatan mulai 1994-2012. (mus)

(Visited 224 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *