Forum Teknik Elektro Indonesia Menyongsong Revolusi Industri 4.0

itnmalangnews.id – Forum Teknik Elektro Indonesia (Fortei) Regional VII Jawa Timur menggelar seminar nasional kedua di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Sabtu (27/07). Dalam sambutannya, Dr. F. Yudi Limpraptono, ST,MT Wakil Rektor I Bidang Akademik menyatakan bangga ITN Malang diberi kehormatan menjadi host seminar Fortei. Yudi juga sedikit mengupas tentang Fortei mengingat latar belakangnya yang pernah menjadi Ketua Jurusan Teknik Elektro.

Forum Teknik Elektro Indonesia Menyongsong Revolusi Industri 4.0

Dr.F. Yudi Limpraptono, ST,MT membuka Seminar Fortei mewakili rektor. (Foto: Ata/Itnnews)


“Dulu Fortei hanya forum pertemuan kajur, tapi Fortei semakin berkembang dan Fortei Regional VII sepak terjangnya luar biasa. Saya ingat betul tujuan kita di Fortei, membuat Teknik Elektro berjaya dan jika bisa memengaruhi kebijakan pemerintah, terutama di bidang Teknik Elektro. Kami di ITN Malang berharap Fortei dapat mewadahi kegiatan saling tukar menukar paper, membudayakan saling sitasi, serta aktif sharing pengalaman,” tutur Yudi.

Perkembangan Fortei mutlak merupakan keharusan karena ilmu pengetahuan dan teknologi terus berevolusi. Teknik Elektro adalah salah satu bidang penunjang revolusi industri. Hal ini disampaikan oleh Arif Nur Afandi selaku pembicara seminar. “Kalau tidak ada listrik, mau sampai RI 10.0 pun tetap saja tidak ada artinya. Semakin lama trend energi semakin mengarah pada dua kriteria, green and smart. Kita harus melangkah ke arah sana pula,” katanya.

Harapan besar lantas ditaruh Arif terhadap Fortei. Menurutnya, di zaman penuh VUCA (Volatility, Uncentainty, Complexity, Ambiguity) personal empowerment harus kuat. Wadah semacam Fortei dirasa penting untuk membantu penguatan empowerment tersebut. “Jadi bukan cuma perkara skill, tapi jangan lupakan retraining, upskilling, dan reskilling. Saya lihat Fortei sudah berbadan hukum. Cita-cita saya adalah nanti Fortei bisa membuat kampus virtual di mana kita bisa saling belajar dan berjejaring,” pungkas Arif.

Baca juga: Ketua FORTEI Regional VII Jatim Ingatkan Jurnal Lolos Scopus Perlu di-Maintenance

Baca juga: Anggota FORTEI Regional VII Ikuti Pengelolaan Manuskrip Jurnal di ITN Malang

Sementara itu, Ketua Fortei Regional VII Dr. Eng. Andryono Priyadi, ST,M.Eng berpesan agar sivita Teknik Elektro memanfaatkan Fortei sebaik-baiknya. Tujuan akhir perjuangan adalah membangun bangsa. “Mari memberikan apa yang terbaik. Daripada iri atau menyalahkan orang lain, lebih baik kita bekerja keras untuk berkembang. Indonesia terus berkembang, saya sempat pangling saat pulang dari Jepang. Mari kita sama-sama membangun bangsa,” ajaknya. (ata)

Link : www.itn.ac.id

(Visited 108 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *