Dua Foto Format Menang Foto Contes BEM FKIP Unisma 2020

itnmalangnews.id – Foto bernuansa hitam putih memang cukup menarik perhatian untuk diselidik. Dalam tiap bidikan kamera fotografer ada cerita tersembunyi. Seperti halnya foto karya dua mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Foto yang mewakili keresahan mahasiswa akan pandemi Covid-19 ini akhirnya memenagkan Lomba Foto Contest BEM FKIP Unisma 2020, Rabu (18/11/2020).

Anggota UKM Format ITN Malang (ki-ka) Ahmad Ansori dan Nabih Ahmad Faiz juara dalam Lomba Foto Contest BEM FKIP Unisma 2020

Anggota UKM Format ITN Malang (ki-ka): Ahmad Ansori dan Nabih Ahmad Faiz juara dalam Lomba Foto Contest BEM FKIP Unisma 2020, Rabu (18/11/2020). (Foto: Istimewa)


Baca juga: www.itn.ac.id

Masing-masing, foto berjudul “Harapan” karya Nabih Ahmad Faiz menyabet juara 2, dan foto Ahmad Ansori menjadi juara favorit dengan judul “Lesuh”. Bertemakan Indonesia 2020 foto anggota UKM Format ITN Malang ini bersaing dengan puluhan fotografer dari berbagai daerah.

Memanfaatkan lorong di dalam rumah kos, Nabih Ahmad Faiz mencoba menyampaikan keresahannya saat semua pekerjaan harus dilalukan dari rumah karena pandemi Covid-19. Terlihat dalam fotonya seorang model laki-laki sedang duduk di lantai bersandar ke dinding sambil mengamati layar hand phone. Pandemi memang membuat semua orang merubah kebiasaan, pandemi juga mengambil pekerjaan sebagian orang, aktifitas menjadi terbatas, sehingga timbul masalah sosial ekonomi. Dan, dengan berlalunya waktu tidak sedikit orang yang mengalami kejenuhan.

“Saya mencoba mengekspresikan rasa jenuh ketika berbulan-bulan di rumah dengan memotret di dalam gelap (warna gelap). Namun begitu, dalam kondisi seperti ini kita juga masih bisa beraktivitas meski terbatas. Bahkan, bisa bekerja dan belajar dari rumah, bahkan menjangkau tempat jauh dengan internet. Saya gambarkan aktifitas ini dengan menampilkan model yang sedang memegang HP (hand phone). Intinya dalam kegelapan, meski jenuh di dalam rumah tapi masih bisa beraktivitas. Sementara pendar cahaya dari bagian atas menyimbolkan harapan tahun depan Indonesia sudah bisa kembali normal,” beber Faiz akrab disapa saat ditemui di kampus 1, Kamis, (19/11/2020).

Membuat foto yang penuh arti dan terkonsep tidak lah mudah. Faiz tidak menyangka ide foto yang ia dapatkan ketika main game ternyata menjadi Juara 2. Padahal selama ini ia belum pernah sekalipun mengikuti lomba foto apalagi mendapat juara.

Tema Indonesia 2020 (ki-ka) Judul “Lesuh” juara favorit karya Ahmad Ansori dan “Harapan” juara 2 karya Nabih Ahmad dalam Lomba Foto Contest BEM FKIP Unisma 2020

 Tema Indonesia 2020 (ki-ka): Judul “Lesuh” juara favorit karya Ahmad Ansori dan “Harapan” juara 2 karya Nabih Ahmad dalam Lomba Foto Contest BEM FKIP Unisma 2020. (Foto: Istimewa)


Baca juga: www.itn.ac.id

“Tidak menyangka dapat juara, padahal saya belum pernah ikut lomba foto. Idenya pun mendadak saat saya sedang main game, usai mengerjakan tugas kuliah. Tiba-tiba teringat bahwa sekarang sedang masa pandemi,” lanjut mahasiswa Arsitektur semester 5 ini.

Mengambil ganre fotografi human interest dan model, “Harapan” tidak hanya menjadi harapan Indonesia di tahun depan, namun juga bisa menjadi harapan Faiz untuk bisa mengembangkan skill fotografinya.

Tema senada juga diangkat Ahmad Ansori yang mendapat juara favorit. Foto hitam putihnya berjudul “Lesuh” juga mengambil tema pandemi covid-19. Menceriterakan seorang fotografer yang lelah dengan keadaan Covid-19, namun tetep harus bekerja.

“Saya ingin menceriterakan profesi fotografer di tengah pandemi. Dengan mengikuti protokol kesehatan banyak moment yang bisa dia diabadikan. Tapi, kondisi seperti ini (pandemi) bukan yang dia (fotografer) inginkan,” terang Aan biasa disapa saat dihubungi lewat sambungan Whatsapp.

Mengambil genre portrait, foto mahasiswa Arsitektur semester 5 ini memiliki karakteristik kepribadian yang unik. Bukan semata hanya menampilkan foto orang, namun foto anggota UKM Format tersebut mampu menampilkan ekspresi, mimik, kepribadian dan suasana hati model. “Saya ingin menampilkan kesan emosional dari wajah model. Dengan latar belakang warna hitam putih yang turut mendukung. Sehingga “Lusuh” bisa mewakili semua unsur,” pungkas mahasiswal asal Pasuruan ini berharap UKM Format semakin banyak berkarya dan tidak lelah untuk hunting foto. (mer/Humas ITN Malang)

(Visited 691 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *