Buka Wawasan, Mahasiswa Geodesi Adakan Study Excursie ke BIG, PT Waindo SpecTerra, dan Pushidrosal TNI-AL Jakarta

itnmalangnews.id – Study Excursie (SE) bertajuk “Sharing and Exchanging Ideas to Increase Our Knowledge” merupakan agenda penting dari Program Kerja (Proker) Himpunan Mahasiswa Geodesi (HMG), Program Studi Teknik Geodesi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknonologi Nasional (ITN) Malang.

Dua mahasiswa perwakilan HMG, Carolina Mey Anggraini dan Andriani Asca Sujayanti, terlihat sumringah saat diwawancarai itnmalangnews.id di kantor Humas ITN Malang. Keduanya terkesan bangga dan merasa terbuka wawasannya setelah mengikuti program SE, Selasa (10/7).

Buka-Wawasan-Mahasiswa-Geodesi-Adakan-Study-Excursie-ke-BIG-PT-Waindo-SpecTerra-dan-Pushidrosal-TNI-AL-Jakarta

“Senang rasanya bisa mengikut program SE. Saya dan teman-teman dapat ilmu banyak, tahu langsung di lapangan bagaimana cara mengaplikasikan teori-toeri yang sebelumnya hanya kami pelajari di dalam kelas,” tutur mahasiswi yang akrab dengan sapaan Carol ini.

Sejak tanggal 2 sampai 5 Juli, sebanyak 50 mahasiswa geodesi ini menekuni studi lapang yang berlokasi di Badan Informasi Geospasial (BIG) Bogor, PT Waindo SpecTerra, serta Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Pushidrosal) TNI AL, Jakarta. Lokasi pertama yang mereka kunjungi adalah BIG. Di sana mereka mendapatkan materi tentang solusi pengelolaan sumberdaya alam, baik di darat maupun laut dengan pemanfaatan teknologi digital.

Carol menambahkan, poin-poin materi yang diperoleh dari BIG antara lain tentang penjabaran pemetaan digital menggunakan foto udara dan UAV, pemetaan tematik dan GIS analisisSurvey hidrografi-teresterial menggunakan GPS dan 3D Mobile System, pembuatan aplikasi geospasial, pengenalan sofware provider dan pelatihan geomatika.

Baca juga: Mahasiswa ITN Malang Disuguhi air Bersih Siap Minum

“Kalau dari Pushidrosal sendiri kami juga dibekali oleh-oleh materi publikasi Peta Laut Indonesia (PLI), baik peta kertas maupun elektronik/Electronic Navigational Chart (ENC). Selain itu kami juga diberikan penjelaskan tentang tugas-tugas pokok Pushidrosal, semisal survey, pemetaan laut, penelitian, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran, baik untuk kepentingan TNI maupun kepentingan umum,” tambah Andriani Ascha, mahasiswi asal Sulawesi Tenggara.

Gallery terkait: Himpunan Mahasiswa Geodesi Menggelar Study Excursie ke BIG dan Pushidrosal TNI-AL Jakarta

Usai di dua tempat acara, mereka juga menyempetkan diri mengisi sela-sela waktunya berwisata ke Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Ilmu didapat, senang-senang juga diraih. “Yang jelas kami sudah ada gambaran ke depannya harus apa dan bagaimana. Pengalaman ini akan kami jadikan referensi setelah lulus nanti. Dan jangan lupa, yang tak kalah asyik juga jalan-jalannya, hehe..,” imbuhnya dengan senyum manis. (mus)

(Visited 615 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *