Belajar Survival dengan Jual Beli

itnmalangnews.id – Sejak pukul tujuh pagi, para mahasiswa baru Teknik Industri beraktivitas di lapangan sepak bola Kampus 2 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Sabtu (14/12). Mereka tengah melakukan permainan tahunan usai Industrial Engineering Entrepreneurship. Gamenya tidak berupa game biasa, tetapi mengandung unsur entrepreneur.

Belajar Survival dengan Jual Beli

Baca juga: www.itn.ac.id

Konsep permainan seolah-olah peserta berada dalam wilayah kerajaan dengan pusat pemerintahan di tenda panitia. Panitia menjadi keluarga kerajaan. Mahasiswa baru dibagi dalam enam keluarga yang sama seperti kelompok pembuatan dan penjualan sabun cuci piring. Pihak kerajaan akan mengumumkan barang yang dibutuhkan dan harganya, para keluarga berusaha memenuhinya.

“Ini adalah game bertahan hidup. Apa yang diminta oleh kerajaan dapat ditemukan di lapangan, misalnya serangga, binatang kecil, sampah plastik, daun kering, dan botol bekas. Setiap keluarga ditargetkan mengumpulkan uang minimal 500 ribu dari permainan ini. Uang yang didapat bisa ditukar dengan minum dan makan siang,” jelas Afandy, Penanggung Jawab Regu Game.

Supaya game tidak monoton, terdapat pula denda dan sesi penyemangat. Denda diberlakukan untuk pelanggaran aturan. Sesi penyemangat berupa pengumuman besar dari pihak kerajaan. Para keluarga diminta menangkap pencuri untuk kemudian diberi harga tertentu.

Baca juga: Meriah! Game Outbound Eratkan Mahasiswa Baru

Baca juga: Lewat Game, Persatuan Mahasiswa Kristen Tanamkan Cinta Kasih dan Pantang Menyerah

Afandy lantas membeberkan manfaat game yang dilakukan. Meski tampak santai, tetapi imbas positifnya banyak, mulai dari kekompakan sampai pengetahuan bisnis. “Mahasiswa baru biar lebih tahu tentang entrepreneur dan belajar marketing seperti tawar menawar. Game ini pun mengajarkan kekompakan dan meningkatkan keakraban, baik dengan teman angkatan maupun panitia,” sebutnya.

Game diagendakan berlangsung sampai setengah 12 siang. Sesudah ishoma, mahasiswa baru akan berkumpul dengan alumni. Mereka hendak berbagi pengalaman dan tips seputar Teknik Industri. (ata)

(Visited 121 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *