Aplikasi Persebaran CV, Mudahkan Pencarian Warga Kupang

itnmalangnews.id – Data CV di suatu daerah relatif sulit dicari. Internet menyediakan kiriman-kiriman terkait kata kunci pencarian, tetapi umumnya harus bergantian mencari informasi suatu CV. Dan tidak di semua kota tersedia data-data CV.

Wisudawan ITN Malang Aplikasi Persebaran CV, Mudahkan Pencarian Warga Kupang

Marito, mahasiswa Geodesi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang membuat aplikasi persebaran CV berbasis android. Ia sengaja memilih Kupang fokus aplikasi. “Di Kupang belum ada platform tentang persebaran CV, tapi datanya bisa didapat ke dinas. Saya ingin menyampaikan informasi tersebut ke masyarakat,” tutur Marito.

Di Kupang berdiri lebih dari 1000 CV. Namun, Marito hanya bisa memasukkan sekitar 60 CV ke aplikasinya. “Kendalanya di waktu. Saya tidak langsung memasukkan data dari dinas, tapi survei ke lokasi dulu untuk marking titik koordinat dan wawancara. Selama survei, ada pula CV yang kantornya tidak dapat ditemukan di alamat terdaftar,” ujar mahasiswa kelahiran Kefamenanu ini.

Data yang didapatkan dimasukkan dalam microsoft excel kemudian ke database. Di sisi lain, aplikasi dibuat dahulu. Data tadi dimasukkan ke aplikasi agar terhubung. Tak luput desain tampilan dan bentuk tetap diperhatikan.

“Ketika masuk aplikasi, pilih tampilan persebaran data di salah satu kecamatan. Di sini ada lima kecamatan: Oebobo, Kelapa Lima, Maulafa, Kota Raja, Kota Lama, Alak. Pada CV yang dicek tertera foto, nama CV, alamat, jenis penyedia jasa, nomor telepon, email, dan tahun berdiri. Aplikasi ini dapat dikembangkan lagi, misal mode admin, menambah data, dan sebagainya. Ke depannya, saya berencana membawa aplikasi tersebut ke dinas,” papar Marito. (ata)

(Visited 110 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *