Wisudawan Terbaik Teknik Industri Analisis Pelayanan PDAM

itnmalangnews.id – Air merupakan kebutuhan hidup manusia yang pokok. Setiap hari manusia pasti butuh air. Sebagian masyarakat berlangganan air bersih pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat. Layaknya perusahaan-perusahaan lain, ada saat-saat dimana konsumen mengeluh dan mengkritik.

WisudawanTerbaik Teknik Industri Analisis Pelayanan PDAM

Titis Intan Permatasari, mahasiswi lulusan terbaik Teknik Industri S-1 ITN Malang. (Foto: Mita/ Humas ITN Malang)


Baca juga: www.itn.ac.id

Titis Intan Permatasari, mahasiswi Teknik Industri S1 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang tergerak untuk membahas permasalahan ini. Ia meneliti PDAM di salah satu daerah untuk topik skripsi. Penelitian yang dilakukan lebih kepada mengukur kondisi dari jawaban para responden.

Titis mengukur kualitas pelayanan jasa dengan metode service quality. Setelah itu, ia menentukan strategi mutu peningkatan pelayanan dengan analisis SWOT. “Ada lima dimensi service quality, yaitu tangibles (bukti nyata), reliability (keandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), dan emphaty (empati). Pengukuran memakai skala likert,” ujar wisudawan terbaik Teknik Industri S-1 tersebut.

Hasil perhitungan nilai service quality PDAM per gap menunjukkan emphaty adalah satu-satunya dimensi yang berkualitas yakni 0,236. Empat dimensi yang lain kualitasnya masih kurang. Nilai tangibles -0,16, reliability -0,096, responsiveness -0,1375, dan assurance -0,0175. Hasil tersebut menjadi dasar perumusan SWOT.

Baca juga: ‘Montor Baru’ Mahasiswa ITN Malang Bantu Petugas PDAM

Baca juga: Mahasiswa ITN Malang Membuat Power Bank dari Arang, Air, dan Garam

Skripsi Titis juga diserahkan pada PDAM terkait dan sedang dalam tahap kajian di PDAM. Titis berharap skripsinya mampu menyampaikan aspirasi para konsumen PDAM. “Saya harap dimensi yang penilaiannya kurang lekas diperbaiki. Air bersih dan pelayanannya harus sama-sama berkualitas baik agar kepercayaan pelanggan meningkat,” simpul wisudawan asal Bojonegoro ini. (ata)

(Visited 349 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *