Sosialisasi Magang dan PKL ke Jepang, ITN Malang Sudah Kirim Alumni

itnmalangnews.id – Relasi antara Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dan PT Sahabat Jepang Indonesia (SJI) Asia Education tidak sebatas penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Kegiatan lain juga dilakukan dengan mengirim beberapa alumnus ITN Malang untuk berangkat ke Jepang melalui perantara PT SJI.

Sosialisasi Magang dan PKL ke Jepang, ITN Malang Sudah Kirim Alumni

Baca juga: www.itn.ac.id

Sejauh ini terdapat tiga alumnus Kampus Biru yang magang ke Jepang. Dwi Putri, pengajar bahasa Jepang PT SJI Asia Education mengungkapkan akan ada dua orang lagi yang menyusul. “Sudah tiga orang yang magang, yakni, Yeni selama tiga tahun, Yan dan Ari selama lima tahun. Bulan ini dua orang lagi akan berangkat magang selama tiga tahun,” jelas Dwi di sela-sela sosialisasi dari PT SJI Asia Education, Selasa (11/02/2020).

PT SJI Asia Education memiliki dua program yang ditawarkan, Internship (Praktik Kerja Lapangan) untuk mahasiswa dan magang untuk alumni. Ada dua jalur pengiriman ke Jepang, Ezda Kazoku dan Asia Training Center Padang. “Dari dua program itu, kami siap memfasilitasi seperti belajar bahasa Jepang, asrama untuk persiapan kehidupan di Jepang, dan banyak rekanan perusahaan di Jepang sana,” ujar Lidya, pemateri PT SJI Asia Education di ITN Malang.

Menurut Lidya, asrama lebih ditujukan untuk alumnus yang hendak magang. Mereka diajari bagaimana untuk hidup di Jepang agar tidak mengalami culture shock. Kelas bahasa pun lebih intensif dibandingkan program internship.

Baca juga: MoU ITN Malang dengan Asia Education and Investment Co.,LTD., Muluskan Mahasiswa Magang ke Jepang

Baca juga: PT Indolakto Pandaan Support Prodi Sarjana Terapan ITN Malang dengan Experiencing Process

Lidya menuturkan, jika program internship tidak kalah menguntungkan. Apalagi ITN Malang sudah meneken MoU dengan PT SJI Asia Education. “Internship tidak dihitung cuti akademik. Perusahaan di sana menyediakan SKS yang bisa dikonversi ke mata kuliah di kampus. Rata-rata Perguruan Tinggi menyediakan 10 SKS. Jadi di sana bisa menimba ilmu akademis, industri, dan jalan-jalan ke luar negeri,” tutur Lidya. (ata)

(Visited 335 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *