
itnmalangnews.id – Perusahaan pers memiliki pengaruh yang luas di masyarakat, sebab pers itu sendiri berfungsi sebagai pemberi informasi, edukasi, hiburan, dan kontrol sosial. Roda hidup perusahaan pers ikut ditopang oleh mitra-mitra dan pemberi iklan. Di sisi lain, institusi memerlukan peran perusahaan pers untuk mem-branding dirinya ke masyarakat. Kondisi tersebut melatarbelakangi silaturahmi Malang Post ke Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.
Rektor ITN Malang Dr.Ir. kustamar, MT bersama Direktur Malang Post, Dewi Hana. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)
Baca juga: www.itn.ac.id
Rektor ITN Malang, Dr. Ir. Kustamar, MT, sepakat bahwa sinergi perguruan tinggi dan perusahaan media adalah simbiosis mutualisme. Maka dari itu, ITN Malang termasuk perguruan tinggi yang menjalin hubungan baik dengan berbagai perusahaan pers.
“Perguruan tinggi tanpa media tidak ada apa-apanya, sebagus apapun masyarakat tidak akan tahu. Apalagi sekarang ITN sedang masa-masa dies natalis. Mari dieksplor bersama,” ujar Kustamar, Rabu (22/01/2020).
Direktur Malang Post, Dewi Hana, memiliki pandangan serupa. Ia menuturkan bahwa Malang Post menyediakan porsi besar dan fleksibel untuk rubrik edupolitan. “Porsinya cukup banyak dan fleksibel. Perguruan tinggi bisa masuk ke sini. Kami paham jika lembaga pendidikan aware dengan branding dan ingin mempublikasikan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada stakeholder,” tutur Hana.
Hana melanjutkan, kunjungan yang dilakukan hari ini adalah bagian dari roadshow awal tahun. Tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi antar lembaga. “Supaya makin kenal. Kalau bekerja sama, lebih nyaman jika sudah saling kenal,” jelasnya.
Baca juga:Wacana Malang jadi Ibu Kota Provinsi Terungkap di ITN Malang
Baca juga: ITN Malang Miniatur Nusantara, Peserta PKKMB Wajib Pakai Pakaian Adat
Dalam ilmu psikologi komunikasi, publikasi akan sebanding dengan branding yang diperoleh. Ketika publik kerap membaca tentang suatu lembaga di media, tanpa sadar mereka akan mengingat lembaga yang bersangkutan. Di lingkup perguruan tinggi, branding ini mendukung minat calon mahasiswa baru pada kampus tertentu.
“Kami bisa membantu mempublikasikan karya dosen dan mahasiswa. Jika diperlukan, kami juga siap membantu urun ide penulisan. Produknya pun bukan cuma tulisan, sebab Malang Post sendiri memiliki berbagai kru yang bergerak di beragam media. Antara lain; Malang Post Online, Arema TV, Radio City Guide, dan lain-lain,” pungkas ia. (ata)