Semua Mahasiswa Baru ITN Malang Akan Dites Narkoba

itnmalangnews.id – Menjaga marwah sebagai kampus yang bebas narkoba, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang akan melakukan tes urine pada semua mahasiswa baru. Hal ini dilakukan demi mencegah generasi yang terjerembab ke dalam ketergantungan pada barang haram tersebut. “Kita sudah sepakat dengan wakil rektor III untuk melakukan tes narkoba secara menyeluruh pada mahasiswa baru,” terang Aladin Eko Purkuncoro, ST, MT, Pembina UKM Pesan saat ditemui di ruang humas, Sabtu (8/7).

Semua Mahasiswa Baru ITN Malang Akan Dites NarkobaPria yang akrab disapa Aladin itu menyatakan bahwa tes urine kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika sebelumnya hanya diambil sample dari beberapa mahasiswa, maka tahun ini akan dilakukan pada seluruh mahasiswa baru. Hal ini untuk memastikan secara lebih akurat bahwa mahasiswa kampus biru betul-betul bebas narkoba. “Model tesnya sebelumnya direncanakan pada saat mahasiswa baru mendaftar, tetapi kayaknya kurang efektif dan diganti nanti pada saat pelaksanaan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus pada Mahasiswa Baru),” ujar pria asal Pacitan tersebut.

Apabila nantinya ada mahasiswa baru yang ternyata terdeteksi narkoba, Pesan dapat membantu untuk melakukan rehabilitasi dengan BNN Kota Malang. Sementara yang terkait dengan status kuliahnya akan diserahkan pada aturan yang berlaku.

Selain itu, pada kesempatan tersebut Aladin juga mengajak pada mahasiswa untuk bergabung dengan UKM PESAN dan menjadi pelopor bagi gerakan anti narkoba. Menurutnya, UKM Pesan tidak membatasi bagi siapapun yang ingin menjadi anggota. “Di PESAN dibangun suasana yang penuh kekeluargaan, agar sesama mahasisea tidak segan untuk menceritakan masalahnya berkaitan dengan narkoba,” tutur dosen teknik mesin tersebut. (her)

(Visited 191 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *