Semarak Architecture Days 2018, HMA Ajak Maba Kenali Dunia Sketsa

itnmalangnews.id – Sebanyak 110 mahasiswa baru program studi Teknik Arsitektur Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengikuti diskusi TKMAI (Temu Karya Mahasiswa Arsitektur) di gedung Aula kampus 1 ITN Malang, Jum’at (26/10). Acara ini diadakan untuk memberikan pembekalan terhadap maba tentang dunia sketsa.

Semarak-Architecture-Days-2018-HMTA-Ajak-Maba-Kenali-Dunia-Sketsa

“Untuk acara kali ini, Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMA) mengundang Luqman Reza Z.A. Mulyono, beliau akrab disapa Jongkie dan merupakan salah satu ahli sketsa di Malang,” ujar Ketua HMA, Intani Ratnasari.

Pada sesi penyampaian materi, Jongkie memaparkan, sketsa adalah gambar kerangka kasar dari sebuah karya seni. Sketsa dapat berfungsi sebagai persiapan bagi karya seni besar, semisal menggarap sebuah proyek.

“Kalian bisa menggambar sketsa dengan lebih nyaman jika kalian sudah memahami teknik yang tepat,” tukas Jongkie.

Baca juga: Mahasiswa ITN Menelisik Keunikan Bangunan De Javasche Bank Surabaya

Berikut beberapa langkah yang disampaikan oleh Jongkie untuk memulai tahapan menggambar sketsa bagi pemula. Siapkan alat-alat menggambar yang bisa anda beli di toko seni rupa atau toko-toko alat tulis kantor (ATK). Ada banyak jenis peralatan yang bisa anda pilih, semisal pensil B, pensil H, dan kertas Fine Art. 

“Jika peralatan sudah siap, pilih objek yang tepat dan sekiranya mudah anda gambar. Anda bisa mengambil objek benda-benda atau bangunan yang ada di sekitar, maupun menggunakan hasil rekaya imajinasi. Amatilah bentuk pencahayaan sehingga anda akan mudah untuk membuat arsiran dan bayangan, lalu mulailah menggerakkan pensil, usahakan menggambar dengan lembut sehingga goresan pensil anda tidak merusak kertas,” papar pria yang pernah menggarap proyek sketsa desai interior untuk desain bangunan headquarter mobil Audi di Negara Kuwait ini. (mus)

(Visited 107 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *