Renungan: Kasih pada Alam, Perwujudan Kasih pada Tuhan

itnmalangnews.id – Manusia umumnya ingin membangun hubungan baik dengan Tuhan. Ibadah dan amal kebaikan serta menjauhi larangan agama merupakan beberapa caranya. Akan tetapi, sebagian manusia lupa jika kasih Tuhan dan kasih pada Tuhan dapat membumi. Mencintai Tuhan juga dapat diwujudkan dengan mencintai sesama ciptaan-Nya, termasuk alam.

Renungan Kasih pada Alam, Perwujudan Kasih pada Tuhan

Baca juga: www.itn.ac.id

Salah satu langkah konkrit mencintai Tuhan adalah mencintai alam. Manusia harus menghormati sesama ciptaan Tuhan. Ketika alam hancur karena ulah manusia, artinya manusia tersebut tidak mengasihi Tuhan sebab tidak memperlakukan alam sebagaimana mestinya.

“Saat kita mampu mencintai sesama, maka saat itu kita menciptakan surga dalam hidup kita. Semoga kita bisa merasakan kehadiran Tuhan Yesus dan melakukan yang terbaik di jalan-Nya,” ungkap salah satu Romo Kristiani.

Untuk merealisasikan kasih pada Tuhan itu, manusia perlu banyak belajar. Pendidikan adalah modal besar di dunia dan kehidupan selanjutnya. Pendidikan dapat dilakukan di mana saja sepanjang manusia berproses. Bukan hanya pendidikan formal, jadi setelah menyelesaikan pendidikan formal mereka tetap harus terus belajar.

Baca juga: Mahasiswa ITN Malang, Semarakkan Natal di Griya Kasih Siloam

Baca juga: Lewat Game, Persatuan Mahasiswa Kristen Tanamkan Cinta Kasih dan Pantang Menyerah

Renungan tersebut disampaikan dalam Perayaan Natal 2019 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang pada akhir Januari. Tidak hanya berlaku bagi umat Kristiani, sebab semua agama mengajarkan kebaikan bagi penganutnya. Pesan dari Romo dapat diadaptasi sesuai ajaran dan keyakinan masing-masing. (ata)

(Visited 1,159 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *