Rektor ITN Malang: Thermal Comfort Sebagai Isu Arsitektur Terbaru

itnmalangnews.id – Prinsip hemat energi dan ramah lingkungan kini menjadi salah satu trend yang terus dikembangkan dalam bidang arsitektur. Semangat menjaga lingkungan secara arsitektur ini belakangan dikenal dengan thermal comfort. Menurut ahli arsitektur Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Dr.Ir. Lalu Mulyadi, MT, trend ini sudah selayaknya dikembangkan karena sudah tepat dengan kondisi zaman saat ini.

Rektor ITN Malang. Comfort ThermalKarena itulah, pihaknya mengadakan kuliah tamu tentang Building Energy Efisiency, dengan mendatangkan Prof. Dr. Moch. Zin Bin kandar, dari Universitas Teknologi Malaysia (UTM) sebagai pembicara. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pencerahan pada para mahasiswa arsitektur ITN Malang untuk mengembangkan karya-karyanya ke depan. “Kuliah tamu ini kan mendatangkan ahlinya, agar mahasiswa dapat wawasan yang mumpuni,” lanjut pria yang juga Rektor ITN Malang itu, saat ditemui di ruang kerjanya pada Kamis (15/3).

Baca: Rektor ITN Malang : Dekatkan Riset pada Industri Guna Pemenuhan Kebutuhan Masyarakat

Baca: Rektor ITN Malang Ungkap Keunikan Tata Ruang Kota Tertua Indonesia

Lebih jauh, Lalu menjelaskan saat ini memang kenyamanan dalam rumah menjadi suatu pertimbangan penting bagi arsitek dalam membuat desain. Kenyamanan ini termasuk di dalamnya soal suhu dalam ruangan. Bagaimana suhu ini dibuat sejuk tetapi tanpa menggunakan AC. “Nah di sini barangkali dengan membuat ruangan memiliki ventilasi udara yang cukup sehinga ruangan begitu nyaman. Dengan demikian, arsitektur itu bukan bangunan melainkan ruang beserta isinya,” kata dia. (her)

(Visited 148 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *