Potret Perjalanan Kewirausahaan Mahasiswa ITN Malang

itnmalangnews.id – Namanya Ikhsan Aman, anak Maluku Utara yang melanjutkan pendidikan ke Teknik Lingkungan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Mahasiswa semester 9 ini baru saja lolos seleksi proposal pelatihan kewirausahaan ke luar negeri yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (Himapindo). Akan tetapi, kali ini yang akan dibahas adalah perjalanan Ikhsan menjadi wirausaha.

Potret Perjalanan Kewirausahaan Mahasiswa ITN Malang

Ikhsan Aman saat diwawancara oleh media. (Foto: Ata/itnnews)


Ikhsan memulai usaha ayam potong sejak 2016. Bermula hanya dari enam ekor ayam, jumlah tersebut berkembang menjadi 50 ekor. Mungkin usaha Ikhsan terdengar sederhana bagi orang-orang yang tinggal di perkotaan, tetapi istimewanya usaha ini dilakukan di kampung halaman di mana ternak ayam masih tergolong langka. Selama Ikhsan kuliah di Malang, ayam-ayamnya dijaga oleh keluarganya.

Jauh sebelum berwirausaha ternak ayam, jiwa kewirausahaan Ikhsan telah diasah. Mulai dari ingin menambah uang jajan sampai mencari biaya kuliah. “Waktu masih SD saya jualan mangga hutan. Lalu sebelum masuk ke ITN Malang, saya membantu ibu mencari dan menjual batu bacan. Hasil penjualannya bisa buat memenuhi kebutuhan sampai saya semester empat,” cerita Ikhsan, Jumat (12/07).

Baca juga: Mahasiswa ITN Malang buat “Sikrid Ryana” untuk Peternak Ayam

Baca juga: DLH Kota Malang Tunjuk ITN Malang jadi Koordinator Juri Kampung Bersinar

Motivasi berwirausaha pun bertambah. Ia tidak ingin status sebagai mahasiswa Teknik Lingkungan membatasi pilihan karirnya hanya sebagai karyawan teknik. “Sebagai anak teknik, saya juga ingin mengembangkan usaha di masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja,” pungkasnya. (ata)

Link : www.itn.ac.id

(Visited 129 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *