PKKMB ITN Malang 2019: Engineering is Leading

itnmalangnews.id – Tahun akademik baru Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dimulai. Mahasiswa baru Kampus Biru sudah datang dari berbagai penjuru. Ketika seorang siswa berubah status menjadi mahasiswa, dibutuhkan fase untuk beradaptasi dengan kehidupan barunya. Fase tersebut bernama Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

IMG_20190910_214618

Rektor ITN Malang melepas balon sebagai simbol dibukanya PKKMB 2019. (Foto: Ata/itnnews)


Kegiatan ini dilaksanakan di kampus 1 Jalan Sigura-gura, No 2 Kota Malang, selama dua hari, Senin-Selasa (9-12/9/19). Dr.Ir. Kustamar, MT, Rektor ITN Malang membuka langsung kegiatan PKKMB sekaligus memberikan motivasi dan pesan kepada maba selama kuliah di ITN Malang.

“Kalian sudah lebih dewasa, harus bisa bertanggung jawab dalam berperilaku. Orang teknik tidak berjiwa cengeng, hadapi segala kesulitan. Mahasiswa teknik harus semangat dan berada di posisi pemimpin serta pemenang,” ujar Kustamar mengutip tema PKKMB ‘Engineering is Leading‘.

Sementara itu, jumlah mahasiswa baru yang diterima sekitar 1.118 orang. Mereka datang dari hampir seluruh kota dan provinsi di Indonesia. Jumlah ini terseleksi dari sekitar 1.576 pendaftar sebab keterbatasan kuota program studi. Di ITN Malang sendiri terdapat 15 program studi dari dua fakultas.

Menanggapi keragaman mahasiswa baru, Kustamar menghimbau semua pihak agar saling bertoleransi. Sejak dulu ITN Malang sudah terkenal akan sivitas akademika yang multikultural dari berbagai daerah, suku, agama, dan lain sebagainya.

“Salah satu tujuan PKKMB adalah menguatkan pemahaman akan keberagaman. Toleransi wajib dibiasakan selama berproses di sini (ITN Malang). Pembelajaran di ITN Malang juga menegakkan pembentukan karakter mahasiswa,” tukas Rektor.

Baca juga: Robot GAJA ITN Malang Meriahkan Festival Kendaraan Hias

Baca juga: Dirjen Kemenristek Dikti Apresiasi Pembangunan Sarana Ibadah di ITN Malang

Selain toleransi, hal yang digalakkan oleh ITN Malang adalah semangat anti narkoba. Mahasiswa harus bebas dari barang yang merusak diri tersebut. Maka dari itu, ITN Malang menyelenggarakan beberapa tes urin di awal saat mahasiswa baru masuk hingga menjelang mereka lulus. Mekanismenya adalah sampling urine mahasiswa secara acak dan mendadak. (ata)

Link : www.itn.ac.id

(Visited 315 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *