Penataan Kawasan Merupakan Tugas Mahasiswa Planologi

itnmalangnews.id – Salah satu tanggung jawab menjadi mahasiswa Teknik Planologi adalah menguasai bidang perencanaan tapak atau penataan kawasan. Mata kuliah ini sangat penting karena menjadi poin utama dari semua mata kuliah yang lain. Sarjana planologi pada akhirnya akan bergelut dengan penataan desa, kota, hingga wilayah. Hal ini sebagimana dinyatakan oleh Tara Mifta, salah satu mahasiswa Teknik Planologi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

Penataan Kawasan Merupakan Tugas Mahasiswa PlanologiMenurut pemuda asal Banyuwangi tersebut, pentingnya mata kuliah perencanaan tapak membuat para mahasiswa menyukai mata kuliah ini. Dalam perencanaan tapak mahasiswa dihadapkan pada beberapa analisa dalam melakukan perencanaan di antaranya soal ekonomi dan sosial budaya dari kawasan yang mau ditata. “Dalam mata kuliah ini, kita belajar tentang hukum perencanaan, tata guna lahan, pembiyaan pembangunan dan perencanaan kultural,” kata dia saat ditemui di kampus I, Rabu (14/2).

Baca: Peringati Hari Tata Ruang Nasional, PWK ITN Malang Ramai-ramai Tanam Pohon di Kali Mewek

Baca: Prof. Kemal Taruc, Kupas Ketahanan Perkotaan di PWK ITN Malang

Dalam kesempatan tersebut, Tara juga menjelaskan prospek jurusan Planologi nanti setelah lulus. Menurutnya, insinyur Planologi memiliki prospek yang bagus dan dapat bekerja sebagai pekerja laporan tertulis di lembaga-lembaga pembangunan. Pekerja riset-riset lapangan, atau bahkan bekerja sebagai konsultan dalam industri konstruksi. “Ada juga yang bekerja dalam bidang jasa kepedulian sosial serta sektor perumahan hingga ekonomi dari pemerintah,” kata dia. (San/her)

(Visited 190 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *