Pemeriksaan Dini, Rukun Ibu ITN Malang Adakan Pap Smear dan CBE

itnmalangnews.id – Salah satu hal yang perlu dilakukan kaum hawa adalah mencegah terjadinya kanker serviks dan kanker payudara sedini mungkin. Hal ini bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan pap smear dan CBE (Clinical Breast Examination). Oleh sebab itu, Rukun Ibu Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang melakukan pemeriksaan terhadap puluhan anggota rukun ibu, Rabu (24/10).

Pemeriksaan-Dini-Rukun-Ibu-ITN-Malang-Adakan-Pap-Smear-dan-CBE

Pap smear adalah sebuah uji medis untuk memeriksa kondisi sel-sel pada serviks (leher rahim). Melalui pemeriksaan ini, suatu gejala dapat diteksi apakah organ kewanitaan tersebut terindikasi penyakit atau tidak,” ujar Ida Barita R.N., Koordinator kegiatan.

Lebih lanjut Ida menambahkan, adapun CBE dilakukan untuk mendeteksi kelainan-kelainan yang ada pada payudara serta untuk mengevaluasi kanker payudara pada tahap dini sebelum berkembang ke tahap yang lebih lanjut.

Baca juga: Lomba Karya Kreatifitas Kartini ITN Malang

Pemeriksaan yang diselenggarakan di klinik kesehatan ITN Malang ini dihadiri oleh 20-30 anggota rukun ibu. “Anggota rukun ibu sangat banyak, mereka terdiri dari karyawan dan dan dosen, akan tetapi tidak semuanya ikut dalam pemeriksaan ini. Anggota yang boleh ikut adalah mereka yang sudah menikah dan belum memasuki masa monopause,” ungkap wanita kelahiran Sumatera Utara ini. (mus)

(Visited 108 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *