Parade Tari Tradisional “Nandur Pari”, Digelar di ITN Malang

itnmalangnews.id -  Sebanyak 12 tim tari dari Unit Kreativitas Mahasiswa (UKM) kamus-kampus di Kota Malang dan Orda (Organisasi daerah) mementaskan tari tradisional di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Jumat (11/5). Acara yang digelar di Aula Kampus I tersebut dalam rangka parade tari tradisional yang digagas oleh sanggar Blitz kampus biru.

Parade-Tari-Tradisional-Nandur-Pari-Digelar-Di-ITN-Malang

Achmad Alfiansyah, koordinator acara, menyatakan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka melestarikan kesenian tari tradisional yang belakangan kian tergerus oleh tari modern. Karena itu tajuk yang diambil adalah “Nandur Pari” dalam bahasa Indonesia menanam padi. “Dari tajuk ini, kami ingin betul-betul menanam tari tradisional ini, agar di kemudian hari kami dapat memanennya,” terang mahasiswa semester empat itu.

Baca juga: Tampilkan Budaya, Bangun Hubungan Harmonis antar Mahasiswa

Baca juga: Gelar DGFI, Ikatan Mahasiswa Hindu Dharma ajak Mahasiswa Bebas dari Kebodohan

Adapun tema yang diambil yaitu, Modernisasi, Buku Fiksi, Tradisi Harus Lestari. Dengan tema ini, imbuh Alfian, para pegiat seni tari di Kota Malang menginginkan suatu upaya baru dalam menjaga kekayaan budaya nusantara. Adapun jenis tari yang dipentaskan disesuaikan dengan daerah asal tim yang ingin pentas. “Dalam pementasan ini, guest star-nya adalah tari Topeng Gerebeg Jowo dari Malang sendiri,” tuturnya. (her)

(Visited 313 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *