Pamerkan 27 Produk Berbahan Spirulina, Teknik Kimia ITN Malang Gelar Open House

itnmalangnews.id – Jurusan teknik kimia Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang kian serius mengembangkan produk makanan dan kosmetik dari bahan spirulina (algae). Hal ini terbukti, sebanyak 27 produk berhasil dirancang oleh para mahasiswa dalam acara Open House yang diselenggarakan  di ruang serbaguna Hidraulika, Sabtu (28/4).

Pamerkan-27-Produk-Berbahan-Spirulina,-Teknik-Kimia-ITN-Malang-Gelar-Open-House

Dra. Siswi Astuti, M.Pd, salah satu dosen teknik kimia, menyatakan bahwa kegiatan bertema One Day With Chemical Engineering, Find Your Potency itu merupakan rangkaian dari mata kuliah perancangan produk mahasiswa semester enam. Di mana para mahasiswa diminta membuat produk, kemudian para peserta yang berasal dari kalangan anak SMA akan memberikan penilaian. “Setelah proses penilaian ini, produknya akan dikembalikan ke mahasiswa, barangkali ada perbaikan resep dan kemudian dibuatkan laporannya,” kata dia.

Alumni Universitas Negeri Malang itu menambahi bahwa dalam proses pembuatan produk kali ini mahasiswa diberikan waktu selama tiga minggu, dan dibagi ke dalam beberapa kelompok yang berjumlah dua orang. Sementara beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan produk di antaranya berkaitan dengan komposisi bahan, harga, bentuk kemasan, rasa, kerapian, tingkat inovasi, dan kelayakan untuk dijual. “Setelah open house ini nanti akan ketahuan mana produk yang layak jual, dan itu nanti akan kita jual beneran. Jadi acara ini juga dalam rangka menyeleksi produk terbaik,” kata dia.

Baca: Makanaan Super, Alternatif Makanan Tinggi Protein

Baca: Kelly Candy, Permen Kencur Jelly Kaya Manfaat Produk Lab. Kimia ITN Malang

Sementara, Muhammad Istnaeny Hudha, ST, MT, ketua jurusan teknik kimia memberikan appresiasi terhadap terselenggarakanya acara tersebut. Menurut dia, perancangan produk ini merupakan applikasi dari ilmu-ilmu yang selama ini dipelajari oleh mahasiswa di dalam ruang kelas. “Dengan acara ini berarti ilmunya dipraktikkan, semoga kita terus maju,” kata dia dalam sambutannya.

Adapun berbagai jenis produk yang dipamerkan di antaranya: spimie (mie spirulina), lipglose, facial foam, handbody, sompo, masker, siomay, krakers, perman, makaroni, permen, ice cream, wedang jahe plus spirulina. Semua jenis produk itu berbahan spirulina. (her)

(Visited 412 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *