Nico Firmansyah, Putra Daerah Pemenang Lomba Desain Gapura Kota Pasuruan

itnmalangnews.id – Pada Lomba Desain Gapura yang diadakan Bappeda Kota Pasuruan, juara pertama adalah mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Ia bernama Nico Firmansyah dari semester tiga. Selain mendapatkan apresiasi berupa uang tunai, desain Nico rencananya diaplikasikan menjadi salah satu gapura di Kota Pasuruan.

Nico Firmansyah Mahasiswa ITN Malang, Putra Daerah Pemenang Lomba Desain Gapura Kota Pasuruan

Nico Firmansyah (satu dari kanan), mahasiswa Arsitektur ITN Malang juara 1 Lomba Desain Gapura Kota Pasuruan. (Foto: Istimewa)


Baca juga: www.itn.ac.id

Keterikatan antara Nico dan Kota Pasuruan tidak sebatas peserta lomba. Ketika diwawancarai di Ruang Humas ITN Malang, Senin (02/12), ia ternyata berasal dari Pasuruan. “Saya asal Pasuruan, jadi amat antusias untuk memberikan desain terbaik bagi daerah asal,” ujar mahasiswa semester tiga ini.

Nico memulai progressnya dengan meriset kekhasan Kota Pasuruan terlebih dahulu. Ia akhirnya memilih tiga unsur yaitu perahu, lesung, dan daun sirih. Setelah itu, ia mulai mendesain gapura selama seminggu.

Baca juga: Mudahkan Wisatawan, ITN Malang Gagas Peta Wisata Kampung Heritage Kayutangan

Baca juga: Tim Ken Arok Teknik Sipil ITN Malang Masuk Lima Besar Lomba Estimasi Biaya Proyek se-Indonesia

“Saya mengambil perahu sebab di zaman penjajahan Belanda, pelabuhan Pasuruan terkenal di Pulau Jawa. Lesung menggambarkan salah satu adat dan kegotongroyongan masyarakat. Daun sirih adalah pola batik Pasuruan. Dulu di Pasuruan juga banyak sirih, makanya dinamakan Pasuruan (salah satu arti kata Pasuruan berasal dari nama suruh dan sirih),” papar Nico.

Pasuruan sendiri terbilang rutin menghelat sayembara lomba desain untuk umum. Hanya saja tema atau objeknya dapat berbeda setiap tahun. (ata)

(Visited 111 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *