Mural Kebhinekaan Karya HMA ITN Malang Semarakkan 17 Agustusan

itnmalangnews.id – Pemandangan berbeda terlihat di Kelurahan Merjosari Kota Malang. Lukisan mural bergambar tokoh proklamator, Garuda Pancasila serta Bung Tomo menghiasi tembok depan Balai RW 09 Joyogrand. Bertema Kebhinekaan, lukisan ini karya Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMA) ITN Malang. “Kegiatan ini untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72 dan mengembalikan semangat kebhinekaan di masyarakat,” ungkap Yosua Erik Prasetyo Ketua HMA ITN Malang.

Mural Kebhinekaan Karya HMA ITN Malang Semarakkan 17 Agustusan“Tokoh Proklamator kita pilih untuk mengenang jasa beliau, sedangkan Bung Tomo dipilih untuk memberikan semangat pada generasi muda untuk tetap menjaga kebhinekaan,” tambahnya.

Joyogrand dipilih menurut Yosua biasa disapa, karena lingkungan tersebut berbeda dan majemuk. “Lingkungan di sini ini menggambarkan “mini” Indonesia. Yang mana kebanyakan dihuni oleh pendatang yang berasal dari luar Kota Malang. Mereka datang dari berbagai daerah dari luar Jawa seperti Ambon, Madura, Kalimantan, Medan, Manado, dan lain sebagainya,” jabar mahasiswa asli Solo ini.

Dibantu oleh Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universitas Negri Malang serta Karang Taruna “Singho Songo”, Yosua mengaku kegiatan ini merupakan inisiatif dari HMA ITN Malang serta Ir. Suryo Triharjanto, MT., Ketua RW 09. Bahkan dukungan warga sekitar cukup besar terbukti dana kegiatan berhasil dihimpun dari dana sukarela warga RW 09. Selain itu warga juga menyumbang cat, tenaga dan waktu.

Yosua mewakili semua mahasiswa yang terlibat berharap masyarakat khususnya pemuda bisa mengingat kembali bahwa kemerdekaan bukan untuk satu golongan saja, namun kebhinekaanlah yang membuat kita merdeka. Maka jangan lupakan sejarah.

Rencanannya untuk peresmian mural ini akan mengundang Walikota Malang pada tanggal 18 Agustus 2017 mendatang. (*/her)

(Visited 356 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *