Mr. Red, Serbuk Kaya Manfaat Pelawan Disminore

itnmalangnews.id – Sebagian perempuan mengalami disminore (dilepen) di hari-hari pertama menstruasi. Pada masa ini, asupan zat besi perlu diperhatikan, bahkan bila perlu ditingkatkan. Zat besi adalah zat penting yang terdapat dalam darah.

Proses membuat minuman serbuk instan mahasiswa Teknik Kimia ITN Malang

Proses membuat minuman serbuk instan. (Foto: Tim Mr. Red Besi for itnmalangnews.id)


Contoh sumber zat besi antara lain: bayam merah, kacang merah, buah bit, dan jambu biji merah. Di tangan tiga mahasiswa Teknik Kimia S-1 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, empat bahan tersebut diolah menjadi minuman serbuk instan. Mereka adalah Nur Muhammad Nasrullah (angkatan 2015), Ibra Moch. Isdes (angkatan 2015), dan Fanny Rahmadani (angkatan 2017).

Untuk membuat minuman ini, keempat bahan diambil sarinya setelah di-blancing agar tidak kehilangan warna. Kemudian sari tersebut diberi filler lalu di-mixer hingga berbusa. Nah, busa inilah sebagai bahan serbuk instan. Perlakuan selanjutnya adalah busa dioven selama enam jam dengan suhu rendah. Setelah kering, hasilnya diblender untuk dijadikan serbuk.

Selama bereksperimen, suhu menjadi variabel penting yang dilihat pengaruhnya, demikian yang disampaikan Fanny. “Kami pakai variabel suhu. Tujuannya agar tahu kerentanan bahan terhadap suhu, serta suhu mana yang bagus karena jika terlalu tinggi gizinya bisa berkurang atau rusak,” paparnya.

Mengenai manfaat produk, dia menjelaskan jika produk sudah diujicobakan terhadap 25 perempuan pengidap disminore. Hasilnya, minuman serbuk ini terbukti mampu meredakan sakit. “Minuman ini kaya zat besi, kalsium, dan vitamin C. Manfaat khusus akan dirasakan oleh penderita disminore dan anemia,” lanjut Fanny.

Serbuk minuman campuran buah dan sayur tersebut mereka ajukan sebagai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Penelitian dengan judul ‘Mr. Red Besi Pahlawan Disminore’ (Minuman Serbuk Instan Merah Zat Besi Pelawan Disminore). Penelitian ini lolos pendanaan 2019, untuk kemudian diimplementasikan kelanjutannya. (ata)

(Visited 206 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *