Motivasi Menjadi Diri Sendiri dari Puisi “Kerendahan Hati”

itnmalangnews.id – Kalau engkau tak mampu menjadi beringin, yang tegak di puncak bukit, jadilah belukar, tetapi belukar yang baik, yang tumbuh di tepi danau

Kalau kamu tak sanggup menjadi belukar, jadilah saja rumput, tetapi rumput yang memperkuat tanggul pinggiran jalan

Kalau engkau tak mampu menjadi jalan raya, jadilah saja jalan kecil, tetapi jalan setapak yang, membawa orang ke mata air

Tidaklah semua menjadi kapten, tentu harus ada awak kapalnya …. Bukan besar kecilnya tugas yang menjadikan tinggi rendahnya nilai dirimu, Jadilah saja dirimu …. Sebaik-baiknya dari dirimu sendiri.

Ida Soewarni dosen PWK ITN Malang

Ida Soewarni, ST,MT, (kanan) saat Hari Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Lapangan Rampal, Selasa (30/04/19)


Begitulah bunyi puisi Taufik Ismail yang berjudul Kerendahan Hati. Puisi ini dapat ditemui di internet maupun buku pelajaran. Karya tersebut memiliki kemiripan dan diduga merupakan hasil saduran karya lama Douglas Malloch yang berjudul Be the Best of Whatever You Are.

Akan tetapi, di luar kontraversi yang terjadi “Kerendahan Hati” tetap dinilai memiliki makna yang mendalam. Seorang dosen Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang juga kerap membagikannya pada awal perkuliahan mahasiswa baru. Dosen tersebut bernama Ida Soewarni, ST,MT, dari Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK).

Baca juga: Lomba Fashion Show dan Baca Puisi Meriahkan Peringatan Hari Kartini di ITN Malang

baca juga: Peran Aktif dalam Menolong, ITN Malang Siap Kirim Mahasiswa ke daerah Bencana

Ida selalu berpesan pada mahasiswanya agar menjadi diri sendiri. Baginya tidak ada orang bodoh, yang ada hanya kegagalan karena malas. “Jangan pernah malas. Upayakan semaksimal mungkin karena sebesar apapun penghargaan, penghargaan dari diri sendiri itu penting. Ada banyak manusia, tetapi jadilah manusia yang mencapai tujuannya,” pesannya. (ata)

Link : www.itn.ac.id

(Visited 1,373 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *