MoA ITN Malang –LIPI Sepakat Adakan Kerjasama di Bidang Pengembangan Riset

itnmalangnews.id – Perguruan tinggi memegang peranan penting dalam memberikan stimulasi riset dan pengembangan teknologi. Hal ini yang mendasari Teknik Elektro S-1, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang melakukan kunjungan ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Bandung. Kunjungan ini bertujunan untuk melakukan kerjasama antara ITN Malang-LIPI di bidang pengembangan riset, Rabu (15/8).

MoA-ITN-Malang–LIPI-Sepakat-Adakan-Kerjasama-di-Bidang-Pengembangan-Riset

“Saat di LIPI kami diterima langsung oleh Dr. Eko Yulianto, Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi. Kerjasama ini kami harapkan dapat memudahkan mahasiswa dalam melakukan riset dan PKN,” ujar Kepala Program Studi Teknik Elektro S-1 ITN Malang, Dr. Irrine Budi Sulistiawati, ST.MT.

Baca juga: Program Studi Teknik Elektro S-1 Pelajari Jurnal Terakreditasi Itenas

Irrine menegaskan, Memorandum of Agreement (MoA) yang ditandatanganinya memuat poin kerjasama di bidang riset, mitigasi bencana, dan Praktik Kerja Nyata (PKN). “Pihak LIPI menawarkan pengembangan teknologi sensor karena bentuk kerjasama ini fokus pada riset geoteknologi,” imbuhnya.

Gallery terkait: Kerjasama Teknik Elektro ITN Malang-LIPI Mudahkan Mahasiswa Lakukan Riset

Teknologi sensor sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di daerah-daerah lawan longsor. Beberapa jenis sensor yang telah dikembangkan oleh LIPI antara lain ekstensometer (optik dan elektrik) yang berfungsi untuk mendeteksi pergerakan tanah. Alat tersebut cukup sensitif, sehingga pergerakan minimal 0,01 mm bisa terdeteksi. (mus)

(Visited 151 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *