Memanfaatkan Botol Bekas

itnmalangnews.id – Cinta lingkungan haruslah diikuti dengan tindakan yang riil dengan menjaga lingkungan. Salah satu caranya dengan memanfaatkan barang bekas, seperti memanfaatkan botol bekas. Plastik adalah bahan yang paling sulit terurai, dan merupakan pencemaran nomor wahid. Namun, kita dapat menguranginya dengan daur ulang atau memanfaatkannya kembali. Berikut ini adalah beberapa ide sederhana untuk memanfaatkan botol bekas.

  1. Segel plastic

ujung-botol-bekas-untuk-penutup-plastik

Ujung botol bekas yang bertutup dapat dipotong dan digunakan sebagai penutup yang rapat, yang disambungkan pada kantong plastic seperti yang terlihat dalam gambar. Selain untuk menyimpan biji-bijian, tepung, juga dapat untuk menyimpan makanan ringan atau kerupuk, bahkan benda cair. Mudah bukan?

  1. Tempat Koran

botol-bekas-untuk-tempat-koran

Jika ujungnya kita pakai sebagai segel plastic, kita masih dapat memanfaatkan botol bekas melalui sisanya untuk tempat penyimpanan Koran atau majalah, atau apa saja juga boleh, seperti tampak pada gambar.

  1. Pot bunga

pot-bunga-dari-botol-bekasIde memanfaatkan botol bekas sebagai pot bunga sudah sangat sering kita jumpai dengan segala modelnya. Apapun itu, patut diapresiasi sebagai upaya meminimalisir pencemaran lingkungan. Imajinasi anda ditantang untuk membuat pot bunga dari botol bekas yang lebih menarik.

  1. Tirai

tirai-dari-botol-bekasDengan menggunting botol-botol bekas secara rapi, kemudian dirangkai sehingga menjadi sebuah tirai, anda sudah berhasil memanfaatkan botol bekas. Hasilnya? Gambar ini hanyalah salah satu contoh saja. Anda pasti dapat membuatnya lagi yang lebih menarik

  1. Lampion

lampion-dari-botol-bekasBeberapa waktu lalu saya melihat tanyangan di televisi tentang memanfaatkan botol bekas dengan menjadikannya sebagai lampion. Hasilnya sungguh indah, sama sekali tidak disangka bahwa lampion terbuat dari botol bekas. Mengenai caranya ataupun tekniknya, anda dapat mencarinya di internet.

  1. Alat Peredam Suara

Siapa sangka botol bekas dapat dimanfaatkan sebagai alat peredam suara? Dengan menatanya secara berjajar kita dapat membuat alat peredam suara dari botol bekas. Pada gambar di bawah ini peredam suara dari botol digunakan di sebuah perpustakaan dengan tujuan membantu membuat suasana yang tenang.

botol-bekas-untuk-peredam-suara

Tentunya, memanfaatkan botol bekas tidak hanya itu saja. Sangat banyak yang diuat dari botol bekas, tergantung kreatifitas kita masing-masing. Manfaatkan botol bekas di rumah anda menjadi sesuatu yang bernilai. Bukan tidak mungkin dengan itu anda dapat menghasilkan uang melalui memanfaatkan botol bekas.

(Visited 1,731 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *