Mantap… Robot Karya Mahasiswa ITN Malang Bisa Memadamkan Api

ITN MALANG NEWS – Kreasi dan kreativitas mahasiswa ITN Malang patut diapresiasi. Pasalnya robot karya mahasiswa ITN Malang bisa memadamkan api. Hal tersebut merupakan hasil kerja keras tim yang mereka tekuni.

tim-pembuat-robot-pemadam-api-dalam-kontes-robot-2015

Dengan keahliannya memadamkan api, robot ini diikutkan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) berkaki, 30 April sampai 2 Mei lalu di Stikom Surabaya. Meskipun tidak juara, tim KRPAI Akhmad Farid mengaku bangga karena masuk kategori lolos seleksi ke tingkat regional IV KRPAI 2015.

“Kita tetap bangga Mas, meskipun hanya masuk peringkat 5 besar karena tahun 2014 lalu robot yang kami buat demam panggung. Tahun ini 2015 Alhamdulillah terbilang berhasil karena bisa memadamkan api. Lumayan ada peningkatan,” jelasnya dengan bangga saat ditemui itnmalangnews.id.

Robot karya mahasiswa ITN Malang yang bisa memadamkan api tersebut, lanjutnya, dilengkapi dengan dua sensor. Pertama sensor uvitron dengan fungsi pendeteksian api, kedua sensor jarak yang metodenya menggunakan PID untuk menjaga keseimbangan robot saat bekerja.

Robot-Karya-Mahasiswa-ITN-Malang-Bisa-Memadamkan-Api-2015Farid menjelaskan,  proses kerjanya, robot berjalan di lintasan biru atau lengfoloin dengan karakteristik sisi kiri selalu merapat ke tembok dengan jarak 15 centi meter. Pemadaman api dilakukan dengan memakai DC yang sudah dikasih baling-baling atau kipas.

Kedepan, tim yang berjumlah enam orang ini akan terus bereksperimen dan membenahi robot pemadam api karyanya yang dianggap kurang sempurna. “Masih banyak kendala seperti kecepatan dan masalah cepat panas,” terangnya kepada itnmalangnews.id. (ori)

(Visited 806 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

2 comments

  • mohon doanya sekalian, bahwa robot KRPAI Berkaki ITN Malang lolos seleksi Nasional dan akan bertanding lagi di jogja bulan depan. semoga dapat mengharumkan nama ITN di kancah Nasional AMIIIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *