Mahasiswa Teknik Industri D4 di Mata Orang Tua Anak Disabilitas

itnmalangnews.id – Di tahun kedua peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Manufaktur (HMTI) D-4, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, panitia mengonsep acara yang lebih dekat dengan anak penyandang disabilitas. Dalam penyelenggaraannya, HMTI D-4 menggandeng Paguyuban Lentera Kasih, Belimbing, Minggu (05/01/2020). Acara ini disambut baik oleh para orang tua anak disabilitas.

Mahasiswa Teknik Industri D4 di Mata Orang Tua Anak Disabilitas

Mahasiswa Teknik Industri D4 mendampingi salah satu peserta disabilitas untuk mewarnai. (Foto: hmtid4_itnmalang for itnmalang_news)


Baca juga: www.itn.ac.id

Dewi Andrias, ibu dari salah satu anak disabilitas, merasa salut dengan kepedulian mahasiswa-mahasiswi Kampus Biru. Bagi Dewi, masih banyak orang memandang penyandang disabilitas sebelah mata sehingga kepedulian termasuk hal langka. Ia menilai orang-orang yang peduli pada kaum disabilitas memiliki hati luar biasa.

“Di luar sana banyak masyarakat memandang rendah putra-putri kami, bahkan sering membully dengan perkataan dan perbuatan. Tetapi sekumpulan anak muda, dari mahasiswa teknik ITN Malang justru memuliakan putra-putri kami. Saya melihat sendiri bagaimana mereka memperlakukan anak-anak kami, melayani dengan hati, berusaha memahami segala keterbatasannya. Bahkan mereka berusaha mengajak bermain, bergembira bersama dengan ketulusan hati yang tidak dibuat-buat,” ungkap Dewi.

Ibu yang berdomisili di Buring ini berharap agar interaksi tidak hanya terjalin hanya di acara Hari Disabilitas saja. Ia pun ingin jiwa cinta sesama bisa menular ke mahasiswa perguruan tinggi lain dan masyarakat.

“Harapannya, hubungan mahasiswa dengan anak-anak kami bisa berjalan langgeng dan kegiatan positif tidak  berlangsung di event kali ini saja, tapi bisa di hari besar agama atau nasional. Tidak perlu mewah, yang penting kebersamaan dan manfaatnya. Dan harapan saya lagi agar para mahasiswa ITN bisa membantu menularkan jiwa cinta sesama pada perguruan tinggi lain serta masyarakat, supaya kaum disabilitas bisa dikenal dan diterima semua lapisan masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Mahasiswa ITN Malang Ajak Difabel Rayakan HDI di Jantung Kota Malang

Baca juga: Awalnya Tidak Niat Kuliah Malah Menjadi Wisudawan Terbaik Teknik Mesin D-3

Mengenai kegiatan yang dilakukan mahasiswa Teknik Industri D-4 terbagi dalam lima spot, antara lain melukis dengan cat air, melipat origami, memancing ikan, bermain bowling, dan playground. Alifia Yesi Fanita dari HMTI D-4 menjelaskan, jika acara digelar outdoor dan bersifat edukatif.

“Kami ingin menyajikan konsep edukasi yang menyenangkan supaya dapat lebih dekat dengan mereka. Meski memiliki berbagai keterbatasan, tetapi mereka tetap bisa belajar dan berbahagia,” tutur Yesi, saat ditemui di Kampus 2 ITN Malang, Senin (13/01/20).

Rangkaian peringatan HDI diadakan di Kantor Kecamatan Belimbing, Polowijen, Kota Malang. Sejumlah tokoh hadir dalam kegiatan tersebut. Mereka adalah BPBD Kota Malang, Kementerian Sosial Jawa Timur, Dinas Sosial Kota Malang, Danramil, Kapolsek Blimbing, Yayasan Bhakti Luhur, dan Camat Blimbing. (Alifia Yesi Fanita HMTI D-4/ata-itnnews)

(Visited 413 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *