Mahasiswa ITN Malang Perdalam Ilmu Geodesi ke Ibu Kota

itnmalangnews.id – Himpunan Mahasiswa Geodesi (HMG) Institut Teknologi Nasional Malang memfasilitasi mahasiswa Geodesi untuk mengembangkan ilmu melalui Studi Ekskursi. Pada 9 sampai 13 Maret 2020, kegiatan diadakan di Jakarta. Ada beberapa instansi terkait kegeodesian yang dituju, yakni Badan Informasi Geospasial (BIG), PT Asaba, PT Waindo SpeecTera, Pushidroshal TNI AL, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Mahasiswa ITN Malang Perdalam Ilmu Geodesi ke Ibu Kota

Mahasiswa Geodesi menyimak penjelasan terkait alat dan proses ketika Studi Ekskursi. (Foto: HMG ITN Malang)


Baca juga: www.itn.ac.id

Di BIG, para mahasiswa diajak melihat penerapan ilmu geodesi, sebab BIG menangani geospasial se-Indonesia. PT ASABA merupakan vendor alat-alat terkait geodesi, sehingga peserta bisa mengetahui perkembangan teknologi alat ukur seperti TS Robotic, 3D Laser Scanner, dan lain-lain. PT Waindo SpeecTera berkecimpung dalam pengukuran, khususnya penginderaan jauh dan foto udara.

I Gede Aldy Yoga Suyadnya, Koordinator Studi Ekskursi mengutarakan ketertarikan ketika mengunjungi PT Waindo SpeecTera. Di sana hampir semua peserta bisa praktik langsung. “Kami diajak mempraktikkan langsung proses-proses digitalisasi foto udara 3D dengan alat yang lengkap,” kata dia.

De Aldy, sapaan akrabnya meneruskan kegiatan kunjungan Studi Ekskursi. Di Pushidroshal TNI AL peserta mendapat ilmu tentang pemetaan perairan Indonesia, mulai batas wilayah sampai jalur transportasi laut, serta alat-alat pemetaan hidrografi sampai pencetakan peta. Terakhir, di BMPB mereka belajar cara mitigasi, penanganan, sampai informasi kebencanaan yang terjadi di Indonesia.

Mahasiswa asal Karangasem itu berharap Studi Ekskursi bisa meningkatkan pengetahuan dan pengalaman para peserta. Ia pribadi berharap persaudaraan antar mahasiswa Geodesi menjadi semakin erat.

“Semoga Studi Ekskursi ini dapat mengembangkan lagi pengetahuan terkait dalam bidang kegeodesian dan penerapannya dalam dunia kerja dan masyarakat. Selain itu, semoga bisa menambah relasi di instansi-instansi yang kami kunjungi, dan mempererat persaudaraan antar teman,” harapnya. (ata)

(Visited 545 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *