Lomba Sketsa ITN Malang, Jadikan Gedung Rektorat Sebagai Objek

itnmalangnews.id – Puluhan mahasiswa arsitektur Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang tampak serius mencoretkan pensil ke kertas kosong di halaman depan kampus I. Sekali menyetip goresan yang kurang sesuai keinginan. Yah, para mahasiswa ini sedang berlomba membuat sketsa gedung rektorat kampus biru. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Architecture Days, kegiatan tahunan Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMA).

Lomba Sktesa ITN MalangSebelum lomba sketsa ini, para peserta mendapat banyak materi dari para pembicara yang sudah disusun oleh panitia. Beberapa di antaranya berkaitan dengan perancangan arsitektur, kewirausahaan, talk show sketsa, dan presentasi tentang Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI). Materi-materi ini merupakan bekal bagi para peserta sebelum mengikuti ajang lomba. “Lomba ini bagian dari praktek dari materi yang sudah didapat di dalam ruangan,” terang Yosua Erik Prasetyo, ketua umum HMA, Minggu (22/10).

Lomba sketsa sendiri dipilih karena memang, bekal dasar bagi seorang arsitektur adalah sketsa. Setiap gagasan awal atau ide tentang sebuah desain pasti dituangkannya dalam bentuk sketsa. Karena itu kemampuan membuat sketsa harus dimiliki oleh seorang arsitektur. “Misalnya, pada saat ketemu klien, lalu klien bercerita tentang keinginan rumahnya seperti apa, maka arsitek menterjemahkan awal keinginan itu dalam sketsa,” kata Yosua.

Sementara pilihan gedung rektorat sebagai objek sketsa adalah karena memang lebih mudah dijangkau oleh peserta. Mereka setiap hari melihat gedung itu, sehingga diharapkan mereka dapat mengeksplore sisi gedung yang ingin ditonjolkan. (her)

(Visited 156 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *