Lagi, ITN Malang Raih Anugerah Kampus Unggulan

itnmalangnews.id – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang kembali menorehkan prestasi. Untuk ke empat kalinya ITN Malang meraih Anugerah Kampus Unggulan (AKU) Predikat Utama untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dan Perguruan Tinggi Swasta nomor satu untuk kategori institut. Penyerahan penghargaan AKU di Kopertis Wilayah VII Jawa Timur dilakukan dalam rangkaian acara Rakerpin Perguruan Tinggi di Hotel JW Marriot Surabaya, Kamis (26/5).

“Alhamdulillah ITN Malang meraih penghargaan AKU.  Ini sebagai bukti bahwa ITN Malang diakui. Diakui sebagai kampus yang berkualitas, berbobot, unggulan dan siap bersaing di era MEA,” uangkap  Rektor ITN Malang Dr.Ir. Lalu Mulyadi, MT saat ditemui itnmalangnews.id di kantornya, Sabtu (28/5).

Penghargaan AKU merupakan indikator kampus swasta terbaik di tingkat Kopertis Wilayah VII dalam penilaian kurun waktu satu tahun (Januari-Desember 2015). Penilaian berdasaarkan empat bidang : Tata kelola kelembagaan dan kerjasama, pendidikan dan tenaga kependidikan (diktedik), penelitian dan pengabdian masyarakat, dan pembelajaran dan kemahasiswaan.

anugerah-AKU-2016

“ITN Malang masuk dalam 19 Perguruan Tinggi Swasta yang meraih Predikat Utama dari total 329 PTN se-Jawa Timur. Dan ITN Malang satu-satunya institut yang masuk di dalamnya,” jabar Lalu Mulyadi bersemangat. Dengan demikian ITN Malang menjadi nomor satu kategori institut di Wilayah Jawa Timur. Ada lima kategori PTS yang ikut penilaian diantaranya universitas, institut, sekolah tinggi, akademi dan politeknik. Dari PTS tersebut terbagi dalam tiga kategori peringkat, yaitu : Utama, Madya, Pratama.

Pria asal Lombok ini menjelaskan, kerjasama dalam dan luar negeri merupakan salah satu indikator penilaian. Tidak hanya untuk mempertahankan Anugerah Kampus Unggulan (AKU), tetapi memang sebagai upaya ITN Malang meningkatkan kualitas yang berdaya saing. Kerjasama sudah terjalin dengan tiga kampus Malaysia diantaranya Universitas Malaysia Pahang (UMP), Universitas Selangor (Unisel) dan Universitas Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM).

“Upaya kerjasama internasional sudah kita jalankan. Ke depannya ada beberapa agenda kerjasama lagi salah satunya dengan Universitas Teknologi Malaysia (UTM) pada Juli mendatang. Dan kita (ITN Malang, red) akan pendekatan dengan National University of Singapore (NUS), tapi sebelum itu akan kerjasama dulu dengan Universitas Riau,” jelas lalu Mulyadi.

Prestasi ini tidak lepas dari kerjasama berbagai pihak. Hal ini dikuatkan dengan status akreditasi program studi yang makin meningkat. Lalu Mulyadi menambahkan, bahwa di masa mendatang anugerah AKU dan akreditasi A harus diperjuangkan. (sar)

(Visited 778 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *