Kontes Robot Seni Tari : ITN Malang Ciptakan Robot Tari Dengan Bahan Daur Ulang

itnmalangnews.id - Pentas Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) yang diselenggarakan di Surabaya Supermal Convention Center (SSCC) pada 1 hingga 4 Juni 2016 menjadi prestige tersendiri bagi tim robotik Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Pasalnya tim kampus biru menjadi satu-satunya tim yang menggunakan bahan daur ulang. Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh Ir. Yusuf Ismail Nakhoda MT, wakil dekan III Fakultas Teknik Industri saat ditemui di laboratorium robotik pada Selasa (7/6). ”Karena bahan-bahan daur ulang inilah, robot kami menjadi spesial,” terangnya.

ITN Malang Ciptakan Robot Tari Dengan Bahan Daur Ulang

Dalam Kontes Robot Seni Tari menurut pria yang akrab disapa Yusuf tersebut bahwa penggunaan material sudah pakai itu disesuaikan dengan semangat ITN Malang sebagai kampus green technology. ”Kalau menggunakan bahan yang sudah siap pakai seperti beberapa kampus lainnya, itu sudah biasa. Tetapi membuat robot dengan menggunakan bahan sudah pakai itu yang baru luar biasa,” kata dia. Itulah pula, imbuhnya, yang menyebabkan tim ITN Malang lolos hingga di ajang nasional.

Sebagaimana diketahui, sebelum berlaga di ajang nasional ITN Malang harus mengikuti seleksi di wilayah regional IV yang diisi oleh kampus yang berasal dari Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, dan Sulawesi. Seleksi dilakukan di Politeknik Negeri Jember pada 5-7 Mei 2016, diikuti sebanyak 14 tim. “Dalam seleksi ini diambil 5 tim terbaik, ternyata ITN Malang Salah satunya,” tutur pria yang tinggal di Malang itu.

Setelah itu, baru mengikuti ajang nasional di SSCC Surabaya. Namun sayang, kali ini ITN Malang hanya berhasil betengger di posisi ke sebelas dari 16 peserta se-nasional. Posisi satu ditempati oleh Politeknik Elektro Negeri Surabaya. “Namun demikian, kami tetap bangga dengan karya anak didik kami, karena dengan segala keterbatasan yang kami miliki, anak-anak (mahasiswa) masih bisa kreatif, dan kami masih lebih baik dari Universitas Indonesia (UI),” tuturnya. (her)

(Visited 195 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *