Kisah Gemilang Benny Hery Ritanto Meniti Karir Sampai di Abu Dhabi National Oil Comppany (ADNOC)

itnmalangnews.id – Di tengah ketatnya persaingan global, menata karir di dunia kerja bukanlah perkara mudah, apalagi di lingkup kerja bersekala internasional. Hal ini dialami langsung oleh alumnus Teknik Kimia Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Benny Hery Ritanto yang saat ini sedang menggeluti karir di Abu Dhabi National Company (ADNOC), Uni Emirat Arab.

Kisah-Gemilang-Benny-Hery-Ritanto-Meniti-Karir-Sampai-di-Abu-Dhabi-National-Oil-Comppany-(ADNOC)

Alumni ITN angkatan 1992 ini menceritakan kisah perjuangannya saat diwawancarai itnmalangnews.id di kampus II ITN Malang, akhir Juli 2018 yang lalu. Benny, dengan gaya bahasanya yang lugas mecoba flash back, mencurahkan isi memorinya tentang suasana kampus dan habitusnya sebagai seorang mahasiswa.

“Kenangan saya tentang ITN banyak sekali. Saya merasa punya ikatan khusus, semacam tali batin yang selalu melekat di dada. Pada Tahun 1995 saya pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia. Dengan jabatan itu saya dituntut untuk bertanggungjawab kepada banyak pihak, di antaranya kepada rekan-rekan anggota himpunan dan pihak jurusan, di samping saya juga harus bertanggungjawab kepada diri saya pribadi, khususnya di bidang akademik,” tutur Benny.

Lelaki kelahiran Nganjuk ini juga patut dicontoh, setelah sukses berkecimpung di perusahaan perminyakan milik pemerintah Abu Dhabi, ia masih menyempatkan diri untuk berbagi dengan adik-adik juniornya di Jurusan Teknik Kimia ITN Malang. Pada tanggal 24 Juli 2018, ia berkunjung ke kampus I ITN Malang untuk mengisi kuliah tamu “Aplikasi Termodinamika dalam Industri.” Dalam acara tersebut ia banyak berbagi pengalaman dengan mahasiswa prodi Teknik Kimia, salah satunya tentang safety process di dunia kerja yang ia digeluti.

Tahun 1997-1998 merupakan masa-masa genting yang harus dilalui Benny. Ketika itu kondisi ekonomi Indonesia sedang terpuruk, terlebih tahun ’98 jadi momentum ujung tanduk reformasi. Setelah lulus dari ITN, ia sempat vakum. Ia merasa gamang, betapa sulitnya mencari pekerjaan saat itu. Dalam situasi yang serba dilema itu, ia mencoba ‘nekat’ masuk ke dunia wirausaha, tapi sayang tidak bertahan lama.

Baca juga: Sukses Usaha Otomotif Alumni ITN Malang Berikan Semangat Membangun

Selang beberapa waktu, Benny kemudian memaksa dirinya masuk dan bertarung di persaingan dunia kerja. Dengan modal ilmu dan keyakinan ia mencoba melamar kerja di sebuah perusahan proses makanan, namu tidak lama juga. Berpindah lagi ke Petro Chemical, sampai masuk ke sebuah perusahaan BMGAS milik negara dan diminta untuk bertanggungjawab sebagai pengelola di bidang ChemistTempat itulah yang kemudian menghantarkan cita-citanya terbang ke luar negeri. Ia diterima sebagai Process Chemist Supervisor, Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC), sebuah perusahaan perminyakan milik pemerintah Uni Emirat Arab.

Saat ditanya tentang proyeksi ke depan, tegas ia mejawab tergantung apa dan siapa yang membutuhkan. Dengan gayanya yang tidak berbelit dan enggan memainkan retorika, ia meyakinkan dirinya bahwa suatu saat Indonesia pasti membutuhkan generasi-generasi yang kompetitif, khususnya di bidang chemical engineering.

Gallery terkait: Benny Hery Rianto, Process Chemist Supervisor ADNOC-Abu Dhabi Berbagi Pengalaman dengan Mahasiswa Teknik Kimia

“Saya cukup optimis, suatu saat siapa tahu kembali ke Indonesia. Negara kita saat ini mempunyai agenda besar, khususnya di bidang Oil and Gas. Ada proyek gas abadi yang akan segera dibangun dan itu merupakan perusahaan gas terbesar. Kapasitasnya akan mengalahkan perusahaan-perusahaan Middle-East (Timur Tengah), lokasinya di perairan Arafuru, Ambon. Itu sudah on progress,” ungkapnya.

Benny menambahkan, DP Tangguh Train-3 sudah mulai beroperasi, bekerjasama dengan TPPA. Rusia juga sudah tandatangan bersama Pertamina dan ESDM. Jadi cukup banyak peluang pekerjaan yang bisa digarap dan sangat potensial untuk lulusan-lulusan teknik kimia ke depannya. (mus)

(Visited 381 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *