Kiat Menghadapi Tes Masuk Dunia Industri

itnmalangnews.id – Ketika seseorang hendak mendaftar ke suatu perusahaan, ia akan melalui serangkaian tes sesuai standar perusahaan tersebut. Perlu diingat jika seringkali lowongan yang tersedia jauh lebih sedikit dari peminat. Maka dari itu, dalam menghadapi tes pendaftar harus mempersiapkan dengan sebaik-baiknya.

ITN Malang Kiat Menghadapi Tes Masuk Dunia Industri

Baca juga: www.itn.ac.id

“Untuk menghadapi tes tulis baik psikotes atau tes teknikal, siapkan fisik yang sehat supaya dapat berkonsentrasi secara penuh. Psikotes perlu banyak latihan, sebab kuncinya adalah mengerjakan secepat mungkin, soalnya relatif mudah tetapi jumlahnya banyak. Sedangkan untuk tes teknikal membutuhkan pemahaman kuat di bidang terkait,” beber Gatot, pembicara pembekalan calon wisudawan ke-63 Periode I, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Kamis (12/03/2020).

Begitu lolos dari tes tulis, ujian selanjutnya adalah tes wawancara. Penguji umumnya adalah HRD perusahaan atau yang mewakili. “Pastikan Anda berpenampilan menarik, dan menunjukkan sifat serta sikap yang baik. Latih pula cara berkomunikasi efektif. Bila perlu perbanyak latihan interview di depan cermin,” lanjutnya.

Tahap terakhir berupa tes kesehatan. Cara dan aspek pengujian dapat berbeda tergantung standar perusahaan terkait. “Sedini mungkin, jagalah kesehatan Anda. Miliki gaya hidup yang baik, antara lain pola makan dan intensitas olahraga,” tukas Gatot lebih lanjut.

Baca juga: Sampaikan Pesan Kepada Pendengar, Radio Elite FM Gellar Seminar Keradioan 2019

Baca juga: Pencari Kerja Antusias, ITN Malang Fasilitasi Alumni dengan Bursa Kerja dan Campus Hiring

Staff  PT ASTRA ini kemudian menyebutkan jika keberhasilan tidak hanya ditentukan dari kecerdasan seseorang. Ada tiga hal yang dinilai di dunia kerja, yaitu thinking, working, dan relating. Thinking meliputi daya analisis, konsep, strategi, dan pengambilan keputusan. Working mencakup komitmen organisasi, hasrat berprestasi, inisiatif, kemampuan merencanakan dan mengorganisir, serta kemauan untuk belajar. Relating berkaitan dengan kerja sama, koordinasi, komunikasi interpersonal, kepemimpinan, dan sebagainya. (ata)

(Visited 98 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *