Ketua P2PUTN ITN Malang: Kita Masih Tahap Survival

itnmalangnews.idPasca menetapkan Ir. Kartiko Ardi Widodo, MT sebagai ketua baru, P2PUTN (Perkumpulan Pengelola Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menyiapkan diri untuk menyongsong kemajuan. Dalam penjelasannya, Kartiko mengatakan bahwa sejak berdiri pada 17 Juli 1951 (waktu itu bernama YPUTN) mengalami masa bagus dan juga ada masa sulit. “Sejarah kita ini sejak berdiri seperti roda yang terus berputar, kadang di bawah lalu naik ke atas, dan ke bawah lagi, dst,” paparnya dalam acara sosialisasi pengurus baru di kantor P2PUTN, Rabu (25/10).

Ketua Yayasan ITN Malang Yang Baru Bisa Pasang Sistem Kendali Rudal Kapal PerangMenurut Kartiko, agar ke depannya ITN Malang saat mengalami masa sulit dapat segera bangkit dan naik lagi ke atas, perlu dilakukan pemetaan atas hal-hal yang harus dilakukan. Setidaknya ada tiga fase yang akan dialami oleh kampus untuk berkembang, yaitu fase survival, stability, dan growth. “Kita masih tahap survival saat ini, karena itu segalanya yang kita punya hanya cukup untuk bertahan,”kata ahli pasang sistem kendali rudal tersebut.

Agar fase survival berakhir dan naik ke fase stability ada beberapa strategi yang perlu dilakukan, yaitu mencukupkan kas operasional, implementasi SOP (Standart Operating Procedure), regenerasi, dan revitalisasi organisasi. Kemudian setelah naik ke stability strategi yang akan diambil yaitu integrator IPTEKS, integrasi IT, dan fokus pada output. “Jadi di tahap ini, kita sudah tidak bingung keuangan lagi, tetapi sudah membicarakan hasil,” kata dia.

Baru setelah itu, alumni Universitas Brawijaya (UB) itu melanjutkan masuk ke tahap ke tiga yaitu growth, di mana strateginya mencakup diversifikasi usaha, pengembangan usaha dan bisnis. Fase ini direncanakan oleh Kartiko pada 2019-2021. “Saya yakin kita bisa melihat kemajuan selama ini yang dicapai, baik di tingkat SMP, SMA/SMK, dan ITN Malang sendiri. Kita semua sudah sama-sama mendapat penghargaan atas prestasi kita,” kata dia. (her)

(Visited 177 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *