Karakter Khas PWK ITN Malang

itnmalangnews.id – Tahun 2019 merupakan tahun yang gemilang bagi Program Studi (Prodi) Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. PWK ITN Malang mendapat hibah dana Kemenristekdikti dalam program Spekta Kreativitas Mandiri Mahasiswa. Prodi ini juga mendapatkan Akreditasi A. Dalam operasionalnya, tentu ada hal yang menonjol atau pun khas dari PWK ITN Malang.

Asesor, dosen dan mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota foto bersama di depam gedung kuliah PWK

Asesor (dua tengah), para dosen (batik kuning) dan mahasiswa PWK berfoto bersama di depan gedung kuliah PWK. (Foto: Prodi PWK for itnmalangnews.id)


Kepala Prodi Ida Soewarni, ST.,MT, buka suara mengenai prodi yang dipimpinnya. Menurutnya, PWK ITN Malang memiliki ciri khas dalam segi perencanaan dan mahasiswa. “Ciri khas kita sudah merencanakan kota berbasis kultural dan wilayah berbasis lingkungan. Kota tidak selalu modern, kultur harus dilestarikan sebagai warisan budaya Indonesia. Di sisi lain, pembangunan wilayah tidak boleh mengesampingkan dampak lingkungan, terutama di era ini perubahan iklim semakin terasa,” beber Ida.

Sementara itu, dari segi mahasiswa, mayoritas mahasiswa ITN Malang berasal dari Indonesia bagian timur. Alumninya rata-rata kembali dan menjadi pejabat di kampung halaman. Mereka mengaplikasikan ilmu untuk membangun wilayah asal masing-masing. Ida memandang PWK ITN Malang bisa dioptimalkan sebagai sentra akademik dan riset untuk wilayah timur.

Baca juga: Perjuangan 33 Tahun PWK ITN Malang dibayar Akreditasi A dan Go Internasional

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Berguru pada Prodi PWK ITN Malang

Operasional prodi PWK tergolong mumpuni sejak awal. Animo pendaftar stabil dan sekarang masa tunggu mahasiswa sudah 11,6 bulan. Sekarang ITN Malang adalah satu dari enam perguruan tinggi dengan Prodi PWK terakreditasi A, sedangkan total Prodi PWK se-Indonesia ada 52 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. (ata)

Link : www.itn.ac.id

(Visited 832 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *