ITN Tampil Full Tim di ONMIPA-PT 2016

itnmalangnews.id - Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang memastikan diri tampil full tim di ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) 2016. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Dr.Eng.Ir.I Made Wartana,MT, wakil rektor III, bidang kemahasiswaan ITN dalam jumpa pers di ruang sidang rektorat  Selasa (5/4/16). “Kami mengirim utusan di setiap jenis lomba, total ada sebanyak 28 mahasiswa. Jadi kami tampil full tim,” terang Made.

ITN-Tampil-Full-Tim-di-ONMIPA-PT-2015

Menurut Made, 28 orang peserta ON MIPA-PT ini merupakan mahasiswa terbaik ITN yang sebelumnya sudah diseleksi dengan sangat ketat. Ada banyak kriteria dalam menentukan siapa yang layak maju di ajang eksak bergengsi ini. Di antaranya adalah prestasi eksak saat di bangku SMA, kemudian prestasi selama kuliah, kemudian secara khusus kemampuan eksak selama kuliah. “Setelah kami tentukan, kami minta mereka untuk membuat tim untuk belajar secara khusus, sesuai bidang studi yang diberikan,” terang alumni teknik industri ITN Malang tersebut.

Bagaimana target ITN dalam lomba ini? menurut Made, ITN selalu berpartisipasi dalam ONMIPA ini tentu saja berharap menjadi juara. Namun demikian peringkat juara bukanlah satu-satunya harapan dari keterlibatan ini. Ada semangat yang tinggi dari itu yaitu agar mahasiswa tertarik pada MIPA dan sain-sain lainnya. “Jadi agar kami semakin terbiasa berkompetisi, juara bukan satu-satunya,” imbuhnya.

Jenis bidang studi yang dilombakan di antaranya Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Dari beberapa lomba ini, imbuh Made, sangat dibutuhkan untuk pengembangan penelitian mahasiswa selanjutnya. Apalgi sejauh ini ITN Malang sudah berhasil melakukan banyak penelitian berupa PKM. “Dari sisi PKM, ITN peringkat ke 7 dari 29 perguruan tinggi swasta se-nasional,” tuturnya. (her)

 

(Visited 142 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *