ITN Malang Teken MoU Dengan Pemda dan DPRD Sumbawa

itnmalangnews.id – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang melebarkan sayap kerjasama dengan pemerintah daerah di Indonesia. Yang terbaru kampus biru menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan pemerintah daerah (Pemda) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbawa pada 23 Oktober lalu. Sumbawa menjadi kabupaten ketiga di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bekerjasama dengan ITN Malang. “Di NTB kita sudah kerjasama dengan Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa yang ketiga. Kalau di NTT hampir semua kabupaten kerjasama dengan kami,” terang Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (25/10).

ITN Malang Teken MoU Dengan Pemda dan DPRD SumbawaKerjasama dengan pemerintah daerah ini menurut Lalu adalah bagian dari upaya pengaplikasian teknologi terapan yang sejauh ini dikembangkan di ITN Malang. Karena menurutnya kampus yang beralamat di Jl. Sigura-gura ini adalah gudangnya para ahli, baik ahli arsitektur, air, sipil, lingkungan, hingga perencanaan wilayah dan kota. “Menurut Bupati Sumbawa, di daerahnya banyak potensi yang bisa diselesaikan oleh ITN Malang, karena memang dosen-dosen kami memiliki kemampuan,” lanjut pria empat anak tersebut.

Karena itu dalam lawatannya ke Sumbawa, ITN Malang tidak hanya MoU dengan Pemda setempat tetapi juga dengan DPRD dan salah satu kampus, yaitu universitas Samawa. Kerjasama dengan DPRD menurut Lalu penting karena mereka adalah pemutus kebijakan atau regulasi. Andaikan Pemda Sumbawa mengiginkan pekerjaan tertentu dengan ITN Malang maka DPRD juga langsung satu suara karena sudah bekerjasama. “Kalau dengan kampus itu, mereka yang tahu medannya. Jika nanti dosen ITN Malang melakukan penelitian di sana, maka bisa berkolaborasi dengan dosen universitas Sama. Tentu saja untuk memajukan daerah sana,” tuturnya.

Selain agenda MoU, Lalu yang ditemani Ir. Sudirman Indra juga bertemu dengan para alumni ITN Malang. Ternyata sebagian besar alumni kampus biru sudah sukses di daerah dengan menempati pos-pos penting pemerintahan. Setidaknya ada sekitar 200 alumni yang sempat bertemu dengan Lalu. “Dalam pertemuan itu, kami sosialisasi Visi dan Misi ITN Malang, hal ini perlu dilakukan berkaitan dengan jelang akreditasi kami,” kata dia. (her)

(Visited 119 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *