ITN Malang Siap Majukan Kabupaten Tojo Una-Una

itnmalangnews.id – Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah, kembali memperpanjang kerjasama dengan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Kepastian itu setelah sang Bupati, Mohammad Lahay, SE.MM, datang langsung ke kampus biru meneken langsung perpanjangan MoU bersama dengan Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Lalu Mulyadi, MT. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang sidang pascasarjana kampus I, Kamis (12/7).

ITN-Malang-Siap-Majukan-Kabupaten-Tojo-Una-Una

Lahay menegaskan bahwa daerahnya yang dipimpin merupakan kabupaten yang baru mekar tahun 2003. Usia yang masih 15 tahun tersebut membuat Tojo Una-Una banyak membutuhkan bantuan sumberdaya manusia untuk mengembangkan. Lebih lanjut, bupati kedua tersebut menjelaskan daerahnya sangat kaya potensi alamnya, di antaranya pertanian, perikanan dan utamanya sektor pariwisata. “Tojo Una-Una terdiri 12 kecamatan, 6 daratan dan enam kepulauan. Ini potensi yang butuh kami kelola, karenanya kami membutuhkan tenaga ahli dari ITN Malang,” kata dia.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas SDM dan Potensi Daerah, ITN Malang Jalin MoU dengan Pemkab Sumbawa

Sementara itu, Dr.Ir. Lalu Mulyadi, MT., Rektor ITN Malang menyatakan bahwa MoU kali ini merupakan perpanjangan dari kerjasama yang dimulai sejak lima tahun yang lalu. Lalu sangat yakin pihaknya dapat memberi kontribusi yang baik bagi daerah yang kaya pariwisata itu. Dia menegaskan bahwa ITN Malang siap memajukan Tojo Una-Una. Apalagi ITN Malang memang diyakini sebagai gudangnya para ahli teknik. “Kalau kami tidak memberikan manfaat maka tidak akan diperpanjang kerjasamanya. Nah, nyatanya diperpanang kerjasama ini, berarti kita memberikan manfaat sejauh ini,” kata pria asli Lombok tersebut.

Gallery terkait: Bupati Tojo Una-Una Teken MoU Dengan ITN Malang

Selain itu, Lalu juga menyatakan siap apabila dibutuhkan oleh Tojo Una-Una untuk mempersiapkan para sumberdaya manusianya melalui pendidikan. ITN Malang, imbuhnya, memiliki beberapa jurusan teknik yang berkualitas bahkan belum lama ini sudah mendapat akreditasi A, yaitu Teknik Mesin dan Teknik Elektro. Juga memiliki jurusan pasca sarjana untuk studi lebih lanjut. “Jika Tojo Una-Una, ingin mendidik putra daerahnya di ITN Malang, kami siap. Sejauh ini sudah banyak daerah-daerah yang mengkuliahkan putra daerahnya di ITN Malang dengan beasiswa daerah, salah satunya adalah Kabupaten Goa,” kata dia. (her)

(Visited 120 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *