ITN Malang Selenggarakan Kuliah Tamu Peluang Kolaborasi Riset Internasional

itnmalangnews.id – Salah satu dampak dari perkembangan global adalah persaingan yang ketat antar perguruan tinggi (PT) di Indonesia, baik antar PT swasta, maupun swasta dengan negeri. Bahkan keduanya sudah tidak ada bedanya saat ini. Untuk itu peningkatan kapasitas harus terus dilakukan, lebih-lebih dibidang risetnya. Alasan inilah yang mendorong Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menyelenggarakan visiting lecture international research opportunities collaboration pada Senin (3/4) .

ITN Malang Selenggarakan Kuliah Umum Kolaborasi Riset InternasionalMenurut Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT, Rektor ITN Malang, kuliah tamu ini secara khusus untuk menindaklanjuti kerjasama kampus biru dengan University Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) yang beberapa waktu lalu telah ditandatanganinya. Karena itu pembicara dalam acara ini dari UTHM. “Kita telah MoU dengan UTHM, dan kita sepakat kalau selama setahun kosong maka nota kesepaham dicabut. Karena itu, acara ini bagian dari komitmen kita bersama,” terang pria asal Lombok tersebut.

Sementara secara umum, kegiatan ini sangat penting bagi pengembangan riset ITN Malang yang semakin menggeliat belakangan ini. Para dosen dapat saling bertukar wawasan dan merancang kesempatan dimana dosen-dosen dari kedua perguruan tinggi saling memunculkan untuk berkolaborasi dalam penelitian. “Sekarang penelitian tidak hanya oleh para dosen dalam satu kampus, tetapi dapat dilakukan dari berbeda kampus dan bahkan kampus antar negara,” lanjut pria empat anak tersebut.

Tak kalah pentingnya adalah acara yang diselenggarakan di ruang Amphi kampus 2 tersebut sangat sesuai dengan misi ITN Malang di tahun 2035 yaitu world class university. Menurut Lalu, ke depannya ITN Malang akan banyak menyelenggarakan event-event internasional. “Pada 19-20 April mendatang kita mengadakan simposium internasional pembicaranya dari Prancis, di bulan selanjutnya juga akan ada event internasional yang akan diprakarsai oleh pasca sarjana,” tutur alumni Universitas Teknologi Malaysia (UTM) itu.

Bahkan, Lalu menegaskan bahwa pihaknya saat ini telah bekerjasama dengan media yang siap memberitakan ITN Malang dalam bahasa Inggris. Tujuannya adalah agar informasi kampus dapat tersampaikan hingga ke luar negeri. “Kami mengupayakan kampus kita di kenal dalam dan luar negeri. Karena itu pemberitaan dalam bahasa Inggris adalah kuncinya,” kata dia. Lalu juga berjanji akan segela menyelenggarakan pertukaran pelajar dengan UTHM.

Dalam acara itu turut hadir Wakil Rektor I, Dr. Ir. Kustamar, MT, Wakil Rektor II, Dr. Ir. Julianus Hutabarat, MSIE, Wakil Rektor III, Dr. Eng. Ir. Made Wartana, MT, dan Kepala Humas, Elizabeth Catur Yulia. (her)

(Visited 122 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *