ITN Malang Dikenal Kredibel, Pemkab Ende Ajak Kerja Sama

itnmalangnews.id – Kredibilitas Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang selama bekerja sama dengan pemerintah daerah menarik perhatian Pemerintah Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. ITN Malang dianggap mendampingi pemerintah daerah secara mumpuni. Kampus Biru ini juga banyak mencetak lulusan berkualitas.

ITN MalangDikenal Kredibel, Pemkab Ende Ajak Kerja Sama

Rektor ITN Malang (tujuh dari kanan) foto bersama dengan Bupati Ende (enam dari kanan). (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)


Baca juga: www.itn.ac.id

“ITN Malang terbukti kredibel selama membantu pemerintah daerah lain. Maka dari itu, kami coba bekerja sama dengan ITN Malang. Di Ende pun banyak alumni kampus ITN Malang dan mereka berkualitas baik,”  tutur Drs. H. Djafar H. Achmad, MM, Bupati Ende di ITN Malang, Sabtu (23/11).

Kerja sama nantinya akan meliputi bidang penataan ruang. Pemkab Ende juga hendak membangun infrastruktur yang mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Ende memiliki industri pariwisata yang sangat potensial. Keberadaan infrastruktur akan mendukung kelancaran pariwisata dan masyarakat dapat hidup lebih sejahtera,” urai Djafar.

Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT, membenarkan jika Kampus Biru telah berpengalaman membantu pemerintah daerah. Daya tarik lain dari ITN Malang adalah totalitas dalam membantu sampai mendampingi ke pemerintah pusat. Karena tidak semua perguruan tinggi bersedia mendampingi sejauh itu.

Baca juga: Fasilitasi Masyarakat, Pemkab Mojokerto Minta Pendampingan ITN Malang

Baca juga: Wali Kota Batu: MoU dengan ITN Malang Agar Kinerja Pemkot Lebih Efisien dan Cepat

“Totalitas ITN Malang ini yang membuat Pemkab Ende tertarik. Tidak semua perguruan tinggi mau mendampingi pemerintah daerah sampai pengajuan ke pemerintah pusat. Akhirnya, di Jakarta mereka banyak yang mengalami kesulitan. Padahal kalau SDM pemerintah daerah kurang kuat, sebagus apapun perencanaan pemerintah pusat tidak akan menerimanya,” urai Kustamar.

Berdasarkan pengamatan Kustamar, tiga hal yang paling diminati pemerintah daerah tentang rencana penataan ruang adalah RT/RW, sistem informasi jalan raya, dan sistem informasi daerah irigasi. Keberadaan sistem dibutuhkan untuk mengajukan proposal ke pemerintah pusat. Kemudian, dalam menjalankan kerja sama ini rektor berencana menerjunkan serta dosen muda dan mahasiswa ke Ende sebagai proses pembelajaran. (ata)

(Visited 86 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *