Inovasi Tiada Henti, Kali ini Giliran Mahasiswa Teknik Elektro Manfaatkan Solar Cell di Sentra Buah Naga, Banyuwangi

itnmalangnews.id – Istilah renewable energy sudah tidak asing lagi bagi para petani buah naga di Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Pasalnya, tiga mahasiswa Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang sudah jauh-jauh hari melakukan sosialisasi kepada mereka terkait penggunaan solar cell sebagai energi terbarukan dan bisa dimanfaatkan untuk proses perkembangan fotosintesis buah naga.

Inovasi-Tiada-Henti-Kali-ini-Giliran-Mahasiswa-Teknik-Elektro-Manfaatkan-Solar-Cell-di-Sentra-Buah-Naga-Banyuwangi

“Penerapan solar cell ini kami gunakan di malam hari untuk menerangi perkebunan petani yang akan mempercepat proses fotosintesis pada buah naga,” ungkap Prasetia Rudiarsono, mahasiswa semester 8 Teknik Elektro S-1.

Memanfaatkan solar cell (panel surya) atau yang dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan salah satu solusi penggunan listrik hemat energi dan ramah lingkungan karena sumbernya adalah energi matahari langsung.

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Burung Hama Tanaman Padi Ala Mahasiswa ITN Malang

“Kami berikan nilai edukasi kepada petani agar mereka lebih mudah dalam meningkatkan produktifitas lahan pertaniannya. Dengan penggunaan solar cell, mereka bisa menerangi 18 pohon buah naga dengan pemakaian 16 lampu. Durasinya kurang lebih 4 jam, itu sudah cukup untuk kebutuhan fotosintesis,” tambah Prasetya.

Gallery terkait: Salut! Solar Cell Buatan Mahasiswa ITN Malang Bisa Percepat Proses Fotosintesis Buah Naga

Sistem penerangan tersebut menggunakan dua buah panel surya, masing-masing bertegangan 100Wp yang dirangkai paralel dengan battery 100Ah. Sistem ini juga dilengkapi timer digital untuk menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis. Dengan begitu, patani hanya perlu mengatur waktu kapan saatnya turn off dan turn on. (mus)

(Visited 635 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *