Inayah Nur’aini Lathifah, Wisudawati Terbaik Teknik Mesin ITN Malang

itnmalangnews.id - Kehidupan difabel selama ini belum sepenuhnya mendapat perhatian yang layak dari masyarakat. Termasuk dalam menggunakan alat transportasi. Terbukti sekalipun teknologi sudah maju sedemikian rupa, belum ada alat transportasi yang diciptakan khusus untuk para difabel. Inilah salah satu latar belakang Inayah Nur’aini Lathifah dalam membuat tugas akhir di jurusan Teknik Mesin D3 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

Inayah Nur’aini Lathifah, Wisudawati Terbaik Teknik Mesin ITN MalangDara kelahiran Probolinggo, 2 Maret 1996 ini bertekat mengembangkan mobil untuk difabel. Melalui karyanya tersebut dia berharap para difabel tidak kesulitan saat menggunakan alat transportasi untuk mobilitasnya. Ditemui di Kampus I ITN Malang, gadis yang akrab disapa Inayah itu menceritakan bagaimana proses perancangan mobil untuk difabel yang kemudian membawanya menjadi wisudawan terbaik.

Menurut Inayah proses perancangan mobil tersebut butuh waktu cukup lama karena dia harus mengumpulkan bahan-bahan dan alat yang akan digunakan. Apalagi dia menggunakan bahan layak pakai. “Untuk bahan saya gunakan yang layak pakai, karena lebih murah,” tutur gadis asal Problinggo tersebut.

Dia juga menambahkan bahwa sebetulnya, dirinya ingin membuat scooter dengan solar cell. Namun setelah mendapat beberapa masukan dari dosen akhirnya dia mengubah skripsinya menjadi mobil difabel. “Menurut dosen mobil untuk difabel masih minim, sementara tugas akhir harus memiliki kebaruan,” kata dia.

Menariknya imbuh Inayah, tantangan terberat saat merancang karyanya adalah sulit menemukan relawan difabel untuk test drive. Akhirnya, uji cobadilaksanakan oleh temannya sendiri. Memang mobil tersebut belum dapat diperkirakan seberapa aman bagi pengguna difabel. “Untuk memastikan keamanan, mobil ini perlu ditabrakkan dulu sehingga tahu bagian mana saja yang belum kuat. Tetapi saya tidak melakukan itu, karena kalau harus membuat lagi biayanya mahal. Mobil ini dibuat hanya sebagai tugas akhir,” kilah gadis berjilbab tersebut.

Untuk pengembangan selanjutnya, Inayah berharap penelitian yang berjudul Modifikasi Engine pada Disability Car menggunakan Mesin GY6, bisadikembangkan lebih lanjut oleh para pelaku industri transportasi sehingga para difabel betul-betul dapat menikmati transportasi dengan layak dan nyaman. (Ruz)

(Visited 464 times, 2 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *