Hardiknas ITN Malang Gagas Gerakan Pendidikan Berkarakter Pancasila

ITN MALANG NEWS – ‘Pendidikan sebagai pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter pancasila’ itu merupakan tema Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di ITN Malang tahun ini. Hal tersebut disampaikan Dr Ir Lalu Mulyadi, MT, Rektor ITN Malang  ketika memimpin upacara peringatah Hardiknas dihalaman kampus tersebut Sabtu (2/5).

Hardiknas-ITN-Malang

Dalam upacara yang diikuti ratusan civitas akademika ITN Malang dengan berjalan lancar dan hikmat. “Kuncinya adalah “GERAKAN” karena pendidikan harus dipandang sebagai ikhtiar kolektif seluruh bangsa,” tegas  Lalu Mulyadi saat menyampaikan pidato kementrian pendidikan.

Pendidikan tidak bisa dipandang sebagai program semata dan harus mengajak semua elemen masyarakat untuk terlibat. Semua elemen mendorong pendidikan menjadi gerakan semesta, yaitu gerakan yang melibatkan seluruh elemen bangsa dengan masyarakat merasa memiliki, pemerintah memfasilitasi, dunia bisnis peduli, dan ormas/LSM mengorganisasi.

peringatan-hardiknas-ITN-Malang

‘Gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter pancasila’ lanjutnya, merupakan ikhtiar mengembaikan kesadaran pentingnya karakter pancasila dalam pendidikan di Indonesia.

“Garisnya bahwa pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab,” terang Lalu Mulyadi waktu upacara Hardiknas ITN Malang berlangsung.(ori)

 

(Visited 308 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *