Guru Besar Universitas Wako Jepang: Kuliah S1,S2,S3 Di Jepang Modal 100 Juta Rupiah

itnmalangnews.idGuru besar Wako University Jepang, Prof. Dr. Bambang Rudyanto, M.Sc, menyayangkan tidak banyak mahasiswa Indonesia yang kuliah di Jepang. Padahal ada banyak kemudahan bagi pelajar dalam kuliah di negeri sakura itu. Salah satunya adalah diberikan kesempatan untuk bekerja mencari dana tambahan untuk studinya. Hal ini disampaikan oleh pria asal Indonesia itu dalam acara kuliah tamu di Institut Teknologi Nasional (ITN), Kamis (12/10).

Guru Besar Universitas Wako JepangMenurut pria yang juga lulusan SMA PPSP Malang itu, saat ini banyak sekali negara-negara luar Jepang yang kuliah di sana hanya dengan modal rata-rata 100 juta jika dirupiahkan. Uang ini digunakan untuk modal awal saja dengan rincian 40 juta untuk biaya SPP tahun pertama, kemudian 60 juta digunakan untuk biaya hidup. Modal ini jika hanya untuk kuliah sarjana tetapi hingga doktoral. “Kuliah S1,S2,dan S3 di Jepang modalnya 100 juta rupiah,” kata alumni Sarjana Teknik Elektro Keio University itu.

Bambang melanjutkan jika modal awal itu tidak cukup, pelajar di Jepang diberikan kesempatan untuk bekerja selama 28 jam perminggu. Dari hasil kerja ini sudah cukup untuk membiayai hidup, lalu untuk biaya SPPnya dapat melalui beasiswa yang disediakan oleh kampus. Tapi untuk dapat beasiswa ini memang harus mengikuti program di universitas dulu. “Orang Indonesia kurang dekat untuk studi di Jepang, sejauh ini saya sering menerima mahasiswa dari China,” tutur alumni doktoral University of Tokyo itu.

Malah, imbuh Bambang, yang agak sulit bukan soal dana melainkan soal bahasa. Karena di Jepang menggunakan bahasa gambar yang disebut Kanji. Jadi menamakan suatu benda cukup dengan suatu gambar. “Dan agar dapat membaca buku-buku Jepang, minimal kita menghafal 5000 kanji, saya butuh empat tahun untuk itu,” tukasnya. (her)

(Visited 348 times, 2 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *