Fasilitasi Mahasiswa Elektro, ITN Malang Bekerjasama dengan APEI DPD Jatim

itnmalangnews.id – Di hari yang sama dengan peresmian Laboratorium Jaringan Distribusi Tenaga Listrik (JDTL), Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menandatangani nota kesepahaman kerja sama (MoU) dengan Asosiasi Profesionalis Elektrikal Indonesia (APEI) DPD Jawa Timur, Kamis (29/08). MoU ditandatangani oleh Rektor ITN Malang Dr. Ir. Kustamar, MT, dan Ketua APEI DPD Jatim Sutomo, ST. Kerja sama antar pihak berlangsung dalam kurun waktu empat tahun sejak penandatanganan.

Fasilitasi Mahasiswa Elektro, ITN Malang Bekerja Sama dengan APEI DPD Jatim

 Penyerahan nota kerja sama secara simbolis. (Foto: Ata/itnnews)


MoU dilaksanakan dalam bidang Sumber Daya Manusia, pendidikan, dan sertifikasi profesi. Tujuannya adalah meningkatkan kualitas mahasiswa kelistrikan, baik dalam pemahaman operasional maupun kemampuan professional. Kerja sama akan diwujudkan dalam bentuk pembangunan fasilitas sarana prasarana, instalasi pemanfaatan listrik, sertifikasi, dan magang.

Dengan adanya kerja sama ini, Kustamar berharap ITN Malang dapat membekali lulusan bukan cuma dengan ijazah. Keterampilan keahlian profesi dianggap merupakan bekal pendamping ijazah yang relevan. “APEI jaringannya banyak. Kita bisa titip mahasiswa agar menambah pengalaman praktis dan jejaring. Kerja sama dan aktivitasnya juga terkait untuk mempertahankan bahkan meningkatkan capaian permeringkatan Perguruan Tinggi,” lanjut Kustamar.

APEI DPD Jatim menjadikan kerja sama sebagai upaya menggali kompetensi untuk dunia usaha ketika mahasiswa tersebut sudah lulus. Hal yang bisa dieksplor dalam kelistrikan contohnya adalah distribusi, pemanfaatan, dan pembangkit. “ Semoga kita bisa terus saling mendukung supaya menghasilkan mahasiswa yang siap berkarya dimana saja,” ujar Ketua APEI DPD Jatim, Sutomo.

Baca juga: Teknik Elektro Industri dapat Sumbangan Laboratorium Jaringan Distribusi Tenaga Listrik Terlengkap dari Alumni

Baca juga: ITN Malang Resmi Teken MoU dengan Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia

Sutomo berharap kedua pihak dapat saling membantu, menunjang, dan melengkapi. Ia pun mengharapkan ITN Malang tetap eksis menghadapi perubahan zaman. “Mudah-mudahan ITN Malang semakin maju. Perubahan urban regulasi harus diikuti dengan upgrade kompetensi. Saya sarankan alumni ITN Malang dibekali sertifikat DJK dan LPJK,” lanjutnya. (ata)

Link : www.itn.ac.id

(Visited 332 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *