Era Serba Internet, Ajang Performa Cloud Computing

itnmalangnews.id – Penggunaan cloud computing semakin familiar dari hari ke hari, contohnya saja Google Cloud. Teknologi tersebut memungkinkan pengguna untuk menjadikan internet sebagai pusat pengolahan data dan aplikasi. “Sekarang semua layanan berbasis internet. Cloud computing sendiri ada jenis Software as Service (SaaS), Platform as Service (PaaS), dan Infrastructure as Service (IaaS),” jelas Ahmad Rifai dari Komunitas Linux Malang, Sabtu (14/12).

Era SerbaInternet, Ajang Performa Cloud Computing

Ahmad Rifai, System Administrator PT Orion Cyber Internet, memaparkan materi di Kuliah Tamu Teknik Elektro. (Foto: Ata/itnmalang_news)  


Baca juga: www.itn.ac.id

Cloud computing marak dipakai sebab kepraktisannya. System Administrator PT Orion Cyber Internet ini lantas memaparkan sejumlah keunggulan Cloud gomputing. “Cloud computing meminimalisir penggunaan hardware dan software, terutama di bidang maintenance. Secara berkala pun ada automatic update,” katanya.

Materi ini ia sampaikan dalam Kuliah Tamu Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang di Ruang Amphi lantai 3 Teknik Elektro Kampus 2. Walau diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) S-1, namun peserta tidak cuma berasal dari mahasiswa Teknik Elektro konsentrasi komputer. Ada mahasiswa dari prodi lain seperti Teknik Informatika dan Teknik Mesin yang berminat ikut.

Baca juga: Dirjen Kemenristek Dikti Berharap Perguruan Tinggi Siap Hadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0

Baca juga: Anugerah Akreditasi A pada Gelar Dies Natalis Teknik Elektro ke-38

Ketua Pelaksana Kuliah Tamu, Cahyo Edi Wicaksono, mengutarakan pentingnya wawasan tentang cloud computing dan data science. Maka dari itu, sedari dini dikenalkan dasarnya akan lebih baik. Terlebih lagi, di Teknik Elektro terdapat teknik komputer yang mempelajari ke arah sana.

“Cloud computing penting sekali di era Internet of ThinkData science pun membantu dalam hal Big Data. Dengan mengenalkan dasarnya di kuliah tamu hari ini, diharapkan mahasiswa semester awal mengetahui bagaimana pentingnya cloud computing,” ungkap mahasiswa semester 5 ini. (ata)

(Visited 75 times, 3 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *