Dr. Ir. Sri Utami MT: Konflik Pemanfaatan Ruang Penyebab Bencana Alam

itnmalangnews.id – Bencana alam bukanlah kejadian yang tanpa sebab. Kerusakan alam salah faktornya adalah rusak lingkungan kita dan berkurangnya ruang. Saat ini konflik pemanfaatan ruang tidak bisa dihindari lagi. Dan itulah sebetulnya penyebab bencana alam. Demikian ulasan Dr. Ir. Sri Utami,MT, salah satu pembicara dalam acara temu ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 2016 di aula Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

dr-ir-sri-utami-mt-konflik-pemanfaatan-ruang-penyebab-bencana-alamMenurut dosen arsitektur Universitar Brawijaya (UB) tersebut ada banyak fakta saat ini bagaimana ruang terbuka hijau sudah semakin tidak ada dan diganti oleh gedung-gedung. Sehingga yang terjadi air tidak dapat diserap dengan baik oleh tanah. “Bencana alam masih terus mendera negara kita. Belum kering air mata masyarakat Garut, baru saja banjir kembali melanda masyarakat Bandung. Semua itu berawal dari konflik ruang,” tutur Sri Utami.

Pembicara lain, Dr. Ir. Kustamar MT memberikan cara bagaimana melakukan konservasi alam. Menurut pria asal Blitar tersebut ada empat cara yang dapat dilakukan di antaranya model konservasi vegetatif, terpadu, mekanis, dan konstruktif. Model konservatif digunakan untuk lahan yang sangat kritis dapat dilakukan dengan penanaman ulang. Model terpadu adalah dengan cara tumpangsari. “Misalnya, pengalaman di Batu lahan ditanam pohon pinus dibawahnya ditanam pohon nanas atau sayur,” imbuhnya.

Sementara model mekanis adalah dengan cara dibuat terasering dengan baik di lahan dalam kemiringan tertentu. Dan cara konstruktif yaitu dengan membuat sumur resapan disetiap rumah. “Cara ini cukup sulit, disambing membutuhkan biaya kesadaran kita belum sepenuhnya. Bahkan dalam suatu pertemuan para pejabat-pejabat pemerintah belum ada yang punya sumur resapan di rumahnya,” lanjutnya. (her)

(Visited 230 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *