Dosen ITN Malang Pembicara di Seminar Nasional Universitas Podomoro

itnmalangnews.id – Mohammad Reza, ST., MURP, dosen Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menjadi pembicara dalam seminar nasional oleh Universitas Podomoro, Jakarta, Senin (21/8). Sebelumnya, pria kelahiran Makassar itu juga menjadi pembicara dalam acara workshop Peningkatan Peran Komunitas dalam Pengawasan dan Pengendalian Pemanfaatan Ruang diselenggarakan oleh kementerian Agraria dan Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPR) di Kota Malang.

Dosen ITN Malang Pembicara di Seminar Nasional Universitas PodomoroReza, sapaan akrabnya, memang salah satu dosen berprestasi yang dimiliki oleh kampus biru. Belum lama ini dia berhasil menciptakan applikasi pengendalian tata ruang, yang diberi nama Ur-Watch. Applikasi ini dikembangkan dari penelitiannya di kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Karyanya ini dimungkinkan dapat membantu pemerintah dan negara dalam pengawasan ketepatan penggunaan tata ruang di daerah. Selain itu juga bermanfaat bagi para pengembang untuk mengetahui kawasan-kawasan yang boleh untuk dibangun dan areal yang dilindungi.

Dalam acara itu pria yang juga founder aplikasi Ur-Watch tersebut mempresentasikan tentang Applikasi Pengendalian Tata Ruang Berbasis Android Dalam Menghadapi Tantangan Pembangunan Kota Berkelanjutan. Sejauh ini, paparnya, instrumen untuk pengawasan, pengendalian dan pemanfaatan sangat minim dan tidak memanfaatkan teknologi informasi. “Padahal sebetulnya pemanfaatan teknologi dapat memotong birokrasi yang berbelit dalam pemanfaatan ruang,” tuturnya.

Hal itulah yang menginspirasi dirinya saat membuat aplikasi Ur-Watch. Sehingga nantinya dapat mempermudah setiap stakeholder dalam memantau wilayah-wilayah yang masih bisa dimanfaatkan. Atau bahkan wilayah-wilayah yang tidak bisa dimanfaatkan lantaran kawasan yang dilindungi oleh peraturan daerah. (her)

(Visited 176 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *