Digelar di ITN, Temu Ilmiah IPLBI Pelajari Candi-Candi di Malang

itnmalangnews.id – Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Binaan Lingkungan Indonesia (IPLBI) ke 6 tahun 2016 resmi diselenggarakan di Malang dan dibuka langsung oleh Rektor ITN Malang di aula kampus I. Acara yang berlangsung antara 26 hingga 28 Oktober tersebut akan melakukan serangkaian agenda yang berkaitan dengan penelitian yang melibatkan bebera sektor dan orang-orang dari lintas daerah.

iplbi-2016-diselenggarakan-di-itn-malangIr. Gatot Adi Susilo MT, koordinator acara menjelaskan beberapa agenda yang dilakukan oleh para peserta nantinya. Yaitu, worshop KLHS (Kajian Lingkungan Hidup Strategis) yang ditempatkan di Universitas Brawijaya (UB). Kemudian seminar nasional tentang Konservasi Lingkungan dan Kearifan Lokal di ITN Malang. Setelah itu akan ada penelitian outdoor berupa pelajaran lapangan di candi-candi Malang. “Kita akan belajar di Candi Singhasari, candi Jago, Duara Pala, dan Sumber Waras,” terang pria asal Ponorogo itu saat diwawancarai disela-sela acara.

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Gatot tersebut juga menceritakan manfaat menjadi bagian dari organisasi yang dibentuk enam tahun lalu tersebut. Beberapa keuntungan yang didapat yaitu dapat meningkatkan publikasi ilmiah, memperbaiki suasana akademis karena acara ini diikuti oleh kampus se-Indonesia, meningkatkan ide-ide penelitian dosen-dosen, dan motivasi meneliti meningkat. “Anggota IPLBI ini adalah para peneliti semua, jadi ini sangat bermanfaat bagi ITN Malang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitiannya,” lanjut dosen arsitektur itu.

Adapun jumlah peserta yang hadir mencapai 240 orang yang merupakan perwakilan dari berbagai daerah Indonesia. “Pesertanya ada yang dari Aceh, Manado, Ternate, Makassar, Medan, Lampung, Jakarta, Surabaya, Malang, dst,” tuturnya. (her)

(Visited 185 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *